Find Us On Social Media :

Blibli Gunakan Solusi SAP Commerce Cloud untuk Perluas Layanan B2B

By Indah PM, Jumat, 10 September 2021 | 16:45 WIB

Ilustrasi integrasi cloud melalui desktop dan mobile

Blibli memperluas layanan business-to-business (B2B)-nya dengan meluncurkan platform pengadaan daring, Blibli for Business dan memilih SAP sebagai partner penyedia solusi SAP Commerce Cloud.

Layanan B2B makin melengkapi ekosistem bisnis Blibli yang mencakup business-to-consumer (B2C), business-to-business-to-consumer (B2B2C), business-to-business (B2B), dan business-to-government (B2G). Blibli B2B sendiri akan menjadi one stop solution untuk kebutuhan pengadaan barang atau procurement, bagi klien korporat, institusional, dan pemerintah.

Seperti dituturkan oleh Kusumo Martanto (CEO dan Co-Founder Blibli), pandemi membuat organisasi lintas industri makin sadar akan pentingnya integrasi teknologi digital, khususnya di rantai pasokan untuk menjaga kelancaran pengadaan barang dan jasa.

“Melihat hal ini, kami merancang platform Blibli for Business sebagai one-stop solution berbasis teknologi inovatif yang membuat proses pengadaan makin mudah, efisien, dan transparan. Blibli for Business kian diperkuat oleh ekosistem e-commerce Blibli, termasuk jaringan warehouse yang memperlancar pergerakan barang ke seluruh Indonesia,” kata Kusumo melalui keterangan resmi, Jumat (10/9/2021).

Selain kemudahan, Blibli B2B juga menghadirkan keamanan sebagai faktor krusial dalam menjaga kepercayaan para mitra usaha. Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 karena telah menerapkan sistem, termasuk arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk menjaga keamanan data semua pihak. Blibli juga menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi untuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) karena telah menunjukkan kematangan  dalam menjalankan proses keamanan informasi.

Untuk para klien, Blibli B2B menyediakan seleksi barang dan jasa yang lengkap dan luas. Blibli B2B menyediakan produk Information Technology (IT) termasuk perangkat keras dan lunak komputer, seperti laptop dan Operating System (OS), selain yang diperlukan untuk infrastruktur IT seperti server. Blibli B2B juga menyediakan produk Maintenance, Repair & Operation (MRO) untuk operasional perusahaan seperti bahan konstruksi, alat keamanan, alat berat, dan kendaraan. Berbagai produk yang disediakan Blibli B2B dapat dilihat melalui platform Blibli for Business di Business.Blibli.com.

Untuk meraih potensi yang ada, Blibli memilih solusi SAP Commerce Cloud. Solusi SAP Commerce Cloud sendiri mampu memberikan dan menggambarkan Customer’s Journey & Data Analytic yang sesuai, sehingga memungkinkan Blibli dapat terus berinovasi.

Inovasi produk (barang maupun tampilan feature) saat ini pun lebih berorientasi kepada kebutuhan pasar, dan bisa dibilang berhasil hanya jika bisa mendukung kinerja operasional perusahaan baik dalam hal efisiensi biaya dan perluasan pasar.

Andreas Diantoro selaku Managing Director SAP Indonesia, mengemukakan bahwa SAP sangat bangga untuk dapat membantu Blibli dalam proses ekspansi ke B2B. “Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh solusi SAP Commerce Cloud, seperti front office yang terintegrasi dengan back office, dengan arsitektur yang mendukung untuk headless commercemicro services extension, dilengkapi dengan Disaster Recovery, monitoring tools dan autoscaling tanpa tambahan biaya, dan juga layanan platform upgrade yang sudah termasuk di dalamnya, diharapkan SAP dapat terus membantu Blibli untuk terus berinovasi sebagai sebuah intelligent enterprise dengan teknologi cloud terdepan,” kata Andreas.

Solusi SAP Commerce Cloud dapat membantu perusahaan dalam mempermudah seluruh proses jual beli daring, baik untuk pelanggan perorangan ataupun korporat, di mana pelanggan dapat mempunyai pengalaman yang sama pada saat bertransaksi daring maupun luring.