Find Us On Social Media :

Getaran Motor Bisa Merusak Kamera iPhone, Ini Penjelasan Apple

By Adam Rizal, Senin, 13 September 2021 | 15:30 WIB

iPhone 11

Apple baru-baru ini melaporkan bahwa getaran sepeda motor bertenaga tinggi dapat merusak kamera iPhone secara permanen. Hal itu disebabkan getaran yang tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi.

"Mesin sepeda motor berdaya tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang," ujar Apple dalam laman Support seperti dikutip dari Gizmochina dan The Verge.

Karena itu, Apple melarang penggunanya untuk memasang iPhone ke setang sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi karena getaran tinggi di motor dapat merusak fitur kamera iPhone, khususnya di optical image stabilizer (OIS) dan closed-loop autofocus (AF).

Fitur OIS iPhone sendiri berfungsi untuk memfokuskan objek saat kamera bergerak. Jadi saat pengguna tidak sengaja mengambil gambar tapi ponselnya goyang, maka OIS bertugas untuk mengunci objek kamera yang dibidik.

OIS memungkinkan Anda mengambil foto yang tajam bahkan jika Anda tidak sengaja memindahkan kamera. Dengan OIS, giroskop merasakan bahwa kamera bergerak. Untuk mengurangi gerakan gambar, dan keburaman yang dihasilkan, lensa bergerak sesuai dengan sudut giroskop.

Selain itu, beberapa model iPhone memiliki autofokus loop tertutup (AF). AF loop tertutup menahan efek gravitasi dan getaran untuk mempertahankan fokus yang tajam dalam foto, video, dan panorama.

Dengan AF loop tertutup, sensor magnetik terpasang mengukur gravitasi dan efek getaran serta menentukan posisi lensa sehingga gerakan kompensasi dapat diatur secara akurat.

iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan semua iPhone sejak iPhone 7 memiliki stabilisasi gambar optik dan autofokus loop tertutup, seperti yang dicatat oleh MacRumors.

Kedua fitur juga rentan terhadap gangguan magnetik dari beberapa aksesori iPhone, Apple memperingatkan awal tahun ini. Melepas aksesori seharusnya mengatasi masalah itu.

Untungnya, Apple memastikan kalau kendaraan bermotor dengan getaran yang relatif rendah seperti skuter tidak akan terlalu berefek. Apple pun menyarankan pengguna menggunakan peredam getaran apabila terpaksa menempelkan iPhone di motor.