Find Us On Social Media :

Microchip Kenalkan PM6200, Ethernet PHY dengan 1,6 Tbps Throughput

By Cakrawala, Sabtu, 18 September 2021 | 10:00 WIB

Microchip PM6200 META-DX2L.

Microchip beberapa waktu lalu memperkenalkan produk barunya PM6200 di dunia. Populer dengan sebutan META-DX2L, Microchip menyebutkan PM6200 sebagai Ethernet PHY yang multiguna dan medukung dari 1 GbE sampai 800 GbE. Microchip menegaskan PM6200 adalah solusi physical layer berdaya rendah yang memungkinkan sampai 1,6 Tbps throughput kapasitas yang paling kompak di industri. Dibandingkan META-DX1 yang merupakan pendahulunya, META-DX2L menurunkan daya per porta sebesar 35%.

Microchip mengeklaim PM6200 META-DX2L bisa membantu mengatasi tantangan akan integritas signal akibat peralihan industri ke koneksi 112G (gigabit per second) PAM4 (pulse-amplitude modulation) SerDes (serializer/deserializer). Koneksi itu sendiri digunakan untuk membolehkan router, switch, dan line card memiliki bandwidth, koneksi, dan kepadatan porta yang tinggi; sesuatu yang diperlukan untuk menangani lalu lintas pusat data yang terus bertambah berkat cloud, AI (artificial intelligence), dan 5G. Adapun META-DX1 masih 56G.

“Kami memperkenalkan PHY terabit pertama di industri, META-DX1, untuk generasi 56G. Sekarang, kami hadir dengan solusi 112G yang sama-sama transformatif dan memberikan kapabilitas yang dibutuhkan oleh pengembang sistem untuk memecahkan tantangan baru dari pusat data cloud, jaringan 5G, dan scale-out komputasi AI/ML,” ungkap Babak Samimi (Wakil Presiden Unit Bisnis Komunikasi Microchip). “Dengan menghadirkan bandwidth sampai 1,6T dalam arsitektur berdaya rendah dan dalam footprint terkecil, META-DX2L PHY menggandakan bandwidth solusi-solusi sebelumnya yang terdapat di pasar sambil menetapkan suatu tingkat efisiensi daya baru,” tambahnya.

“Industri sedang bertransisi ke ekosistem 112G PAM4 untuk switching kepadatan tinggi, pemrosesan paket, dan optik,” kata Bob Wheeler (Analis Utama untuk Jaringan di The Linley Group). “META-DX2L dari Microchip menjawab permintaan ini dengan menjembatani line card dengan switch fabric dan optik multi-rate untuk konektivitas 100 GbE, 400 GbE, dan 800 GbE,” sebutnya lagi.

Selain kemampuan yang telah disebutkan, Microchip menambahkan pula bahwa PM6200 menawarkan keserbagunaan (versatility) sehingga bisa memaksimalkan pemanfaatan ulang desain pada berbagai penggunaan, seperti retimer, gearbox, reverse gearbox, dan hitless 2:1 multiplexor. Begitu pula dengan PM6200 sebagai perangkat yang industrial-temperature-grade. Informasi lebih lengkap mengenai kemampuan perangkat berukuran 30 x 23 mm ini bisa dilihat pada di www.microchip.com/en-us/product/PM6200?utm_medium=Other-NotListed&utm_campaign=CBU%2BMETA-DX2L.

Perihal ketersediaan dari PM6200 secara massal sendiri tidak disebutkan Microchip secara spesifik. Microchip hanya menyampaikan bahwa contoh awal PM6200 diharapkan mulai dibagikan ke pihak tertentu pada kuartal keempat 2021.