Find Us On Social Media :

LINE Membantu Kegiatan Ospek Sejumlah Universitas di Indonesia

By Cakrawala, Kamis, 16 September 2021 | 22:30 WIB

Ilustrasi LINE OpenChat untuk kegiatan ospek.

LINE minggu lalu menyampaikan bahwa dirinya bekerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia sehubungan ospek (orientasi studi dan pengenalan kampus). Seperti diketahui bersama, sampai saat ini pembatasan sosial masih berlangsung di tanah air berhubung wabah COVID-19 masih belum selesai di Indonesia. Sementara, banyak mahasiswa baru yang minggu ini sudah memulai perkuliahannya. Melalui kerja sama LINE dengan sejumlah universitas tersebut, seperti Universitas Padjajaran dan Universitas Udayana, LINE OpenChat memberikan official group untuk kegiatan ospek masing-masing kampus bersangkutan. Dengan kata lain, LINE membantu masing-masing kampus tersebut menggelar ospek, setidaknya bagian darinya, secara virtual.

“Sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi Z saat ini di Indonesia, LINE akan terus berupaya untuk menciptakan ekosistem yang supportif terhadap berbagai kebutuhan penggunanya. Terlepas dari kondisi pandemi, dengan keahlian digital yang dimiliki, LINE melalui fitur OpenChat berharap dapat menjangkau lebih banyak universitas di Indonesia untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan,” ujar Trisnia Anchali Kardia (Chief Commercial Officer, LINE Indonesia).

Official group yang diberikan LINE OpenChat kepada masing-masing kampus itu sendiri disebutkan bisa menampung sampai 200.000 anggota. Adapun kapasitas group chat-nya sebesar 5.000 anggota. Selain itu, tersedia layanan "undang dengan link" yang bisa memudahkan panita ospek mengundang mahasiswa baru untuk bergabung tanpa harus mengumpulkan nomor telepon tiap-tiap mahasiswa baru itu. Begitu pula layanan bot yang bisa dimanfaatkan untuk menyambut para mahasiswa baru, mengatur jadwal atau pengingat kegiatan yang berkaitan dengan ospek, dan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diutarakan oleh mahasiswa-mahasiswa baru. Jadi, panitia tidak perlu melakukan aktivitas yang sama berulang kali.

“Kapasitas ruang percakapan yang besar di LINE OpenChat sangat bermanfaat dalam menyebarkan informasi seputar kegiatan ospek dan perkuliahan di Unpad secara efektif dan realtime. Selain memudahkan dalam komunikasi, bot penjawab otomatis juga sangat membantu dalam mengelola grup,” sebut Cindy Ayu (Wakil Kepala Divisi Manajemen Informasi Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjajaran 2021).

“LINE OpenChat sangat memudahkan dalam mengumpulkan dan mengelola diskusi karena chat roomnya bisa mencapai 5000 orang. Selain itu, ada banyak fitur yang membantu, seperti pengumuman dan bot filter spam," ujar Ngurah Dinata (Menteri Komunikasi, Media, dan Informasi BEM Universitas Udayana).