Find Us On Social Media :

Builder.ai Luncurkan Software Berbasis AI Bernama Natasha

By Rafki Fachrizal, Jumat, 17 September 2021 | 14:15 WIB

Ilustrasi Builder.ai

Builder.ai meluncurkan Natasha versi beta, product manager bertenaga AI pertama di dunia sebagai upaya mendemokratisasi software development menggunakan Builder Studio 3.0.0.

Natasha mampu dan berpotensi mengubah proses software development yang panjang dan lama menjadi lebih ringan, mudah diprediksi, konsisten, dan dapat direplikasi. Dengan demikian, tiap produk yang dibuat memiliki kualitas dan proses yang sama.

Natasha beta akan muncul di dua area Builder Studio, chat konsumen dan agen yang mendengarkan percakapan konsumen secara otomatis, guna memastikan setiap percapakan didukung oleh informasi kolektif yang diperoleh dari seluruh percapakan

“Misi Builder.ai adalah senantiasa menjadi penghubung setiap gagasan besar dengan produk yang dapat direalisasikan, sembari tetap memberikan kendali penuh kepada konsumen terhadap masa depan teknologi yang mereka inginkan,” ujar Sachin Dev Duggal, Co-founder dan CEO Builder.ai.

“Kami meluncurkan Builder Studio 3.0 dengan dukungan Natasha Beta untuk mewujudkan segala yang menurut kami mungkin terjadi. Bayangkan sebuah dunia di mana Anda dapat membuat panggilan telepon, berbicara dengan Natasha, lalu dalam tiga hari kemudian, Anda telah memiliki aplikasi di AppStore. Ini merupakan masa depan yang sedang kita bangun,” tambah Sachin.

Natasha dapat mengelola proyek secara real-time dengan transparansi dan konsistensi, meringkas pekerjaan berminggu-minggu menjadi hanya dalam hitungan jam dan menit.

Natasha juga mampu menerjemahkan ide ke dalam rangkaian fitur, memecah proyek ke dalam beberapa streams paralel untuk mempercepat pembuatan software, memilih pengembang terbaik, mengatur waktu pekerjaan dan mengkalkulasianggaran.

Semua pekerjaan ini sebelumnya dikerjakan secara manual. Pada layanan konvensional, tahap pertama pembuatan software – mengubah suatu ide menjadi spec doc – membutuhkan waktu setidaknya 2-6 minggu.

Ini juga termasuk proses berjam-jam dalam sebuah meeting selama berminggu-minggu sampai akhirnya produknya mulai disusun. Namun, dengan menggunakan Natasha, proses ini hanya butuh waktu satu jam.

“Sejak April 2020, kami tumbuh 12x lipat untuk pendapatan bersih bulanan produk Builder Studio, dan lebih dari 6x peningkatan pelanggan baru selama 12 bulan terakhir. Sebagai Product Manager virtual, Natasha akan membantu memperkaya pengalaman dan meningkatkan produktivitas pelanggan,” jelas Sachin.

“Pengembangan smart agent seperti Natasha adalah proses pembelajaran dan penyempurnaan terus-menerus. Natasha akan terus berkembang dan belajar dari waktu ke waktu saat dia diberi lebih banyak data dan memiliki lebih banyak pengalaman saat terlibat dengan pelanggan,” tambah Sachin.

Sistem Natasha sebagian besar didukung AI yang dibangun selama dua tahun terakhir dari berbagai aplikasi Machine Learning (ML), seperti Natural Language Processing (NLP), Feature and Template Recommendations, dan Statistics Model untuk estimasi harga dan timeline. Semua sistem tersebut didukung oleh Patent Pending Knowledge Graph Builder.ai.

Baca Juga: Contoh Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Surveillance

Baca Juga: Contoh Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence di Industri FMCG