Find Us On Social Media :

Lewat Kampanye Bersatu, 400 Ribu Pengguna Grab Donasi Rp3,7 Miliar

By Liana Threestayanti, Senin, 20 September 2021 | 11:15 WIB

Ilustrasi kampanye Bersatu Grab

Kampanye nasional “BERSATU Untuk Indonesia” yang digelar Grab Indonesia berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp3,7 miliar yang akan disalurkan ke berbagai pihak yang terdampak maupun berada di garda terdepan dalam pandemi COVID-19 di Indonesia.

Kampanye yang diselenggarakan secara serentak di Indonesia selama periode Juli hingga Agustus 2021 ini merupakan salah satu upaya Grab membantu Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19. Donasi yang terkumpul akan disalurkan Grab Indonesia ke fasilitas dan tenaga kesehatan, ribuan pasien dan anak-anak terpapar COVID-19, masyarakat kurang mampu yang kesulitan membeli obat dan vitamin, dan para pedagang asongan/ pedagang kaki lima yang terdampak PPKM.

Grab menyatakan, lebih dari 400.000 pengguna masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam program donasi Bersatu, baik dengan menggunakan kode promo “BERSATU” maupun dengan memberikan donasi tunai melalui widget dan website BenihBaik.com di aplikasi Grab. Setiap kali pengguna Grab menggunakan kode promo “BERSATU”, Grab memberikan donasi sebesar Rp5.000,00. Dan Grab mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi donasi yang dilakukan masyarakat melalui platform Grab.

Secara keseluruhan, kampanye ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp3,7 miliar, atau 370 persen melebihi target awal donasi awal. Menurut Grab, hal ini membuktikan bahwa tindakan kebaikan sekecil apa pun, jika dilakukan bersama-sama, menghasilkan dampak yang besar.

Erni Kusuma, salah satu pengguna Grab yang berpartisipasi dengan total menggunakan 55 kali kode promo BERSATU dalam menyelesaikan pesanan selama periode program menyatakan “Selama masa pandemi saya lebih sering memesan GrabFood, itulah sebabnya ketika donasi BERSATU diluncurkan, saya pikir ini bisa menjadi kesempatan besar bagi saya untuk dapat berkontribusi sekaligus memesan makanan favorit saya. Saya berharap melalui aksi donasi bersama Grab ini dapat membantu penanganan pandemi,” ujar Erni.

Donasi sebesar Rp3,7 miliar yang terkumpul akan disalurkan mulai September hingga November 2021 melalui Benihbaik.com di 19 kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali & Kupang, Makassar, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Balikpapan, Batam, Jambi, Lampung, Banten, Solo, Manado, NTT, NTB & Mataram, dan Jayapura. Donasi tersebut akan disalurkan dalam bentuk:

- 3.170 paket sembako

- 89 tabung oksigen 

- 1 generator oksigen

- 499 paket perlengkapan sekolah

- 2.760 unit alat kesehatan

- 800 kotak multivitamin.

Ilustrasi kampanye Bersatu Grab

“Kami melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk dapat saling membantu di masa pandemi, namun terhalang banyak hal termasuk keterbatasan kemampuan dan platform yang dapat menyalurkan bantuan. Kampanye nasional Bersatu untuk Indonesia dirancang untuk memudahkan semua agar bisa berdonasi tanpa dibatasi kemampuan pribadi,” ujar Neneng  Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.