Find Us On Social Media :

AlteaCare Tawarkan Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis via Video

By Liana Threestayanti, Rabu, 22 September 2021 | 12:40 WIB

Peluncuran aplikasi telemedicine AlteaCare bersama Mikaela Oen, CEO AlteaCare (tengah), William Suryawan, COO AlteaCare (kana), dan dr. Nurvantina Pandina, Branding & Communication Director, RS Mitra Keluarga.

Aplikasi telemedicine AlteaCare hadir di Indonesia dan menggandeng Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertama.

Menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, AlteaCare memberikan solusi kesehatan dan layanan rumah sakit terintegrasi secara virtual. Kehadiran aplikasi telemedicine yang berada di bawah naungan PT. Sehat Digital Nusantara ini dilatarbelakangi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia saat ini. Akibat COVID-19, masyarakat cenderung khawatir untuk pergi keluar rumah, termasuk pergi berobat ke dokter atau rumah sakit. Di samping itu, AlteaCare juga dihadirkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah yang kurang terjangkau oleh fasilitas kesehatan yang memadai. 

CEO AlteaCare, Mikaela Oen mengatakan bahwa permintaan akan aplikasi telemedicine terbilang tinggi, baik dari sisi pasien mau pun dokter. Layanan yang ada saat ini belum bisa melayani pasien di segmen tertentu secara optimal, terutama pasien penyakit kronis. Kebutuhan inilah yang juga ingin dijawab oleh AlteaCare.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D, mengapresiasi langkah AlteaCare  ini karena dapat membantu masyarakat umum untuk memperoleh layanan kesehatan dengan cepat dan mudah. 

“Kementerian Kesehatan mendukung inovasi yang telah dilakukan oleh AlteaCare dan mendorong rumah sakit lainnya untuk turut serta memasuki ekosistem digital AlteaCare demi memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yakni layanan pasien secara virtual,” tutur dr. Dante Saksono Harbuwono di acara peluncuran virtual AlteaCare kemarin (21/9).

Sebagai langkah awal diluncurkannya aplikasi telemedicine ini, AlteaCare menggandeng salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga. RS Mitra Keluarga akan menjadi mitra penyedia tenaga kesehatan, dokter spesialis andal serta penyediaan obat.

Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi telemedicine AlteaCare?

Sebagai layanan utama, tentu saja AlteaCare menyediakan fasilitas telekonsultasi klinis dengan dokter spesialis berpengalaman dan analisis kondisi pasien dari medical assistance AlteaCare. Pasien juga dapat melakukan pembelian obat-obatan di rumah sakit terdekat tempat tinggal pasien melalui aplikasi, dan obat diantarkan ke rumah pasien. 

AlteaCare juga melayani registrasi vaksin (termasuk vaksin COVID-19), pemesanan layanan laboratorium, dan tes diagnosis. Semua itu dilakukan secara online. Aplikasi ini juga menawarkan opsi pembayaran yang beragam, seperti pembayaran dengan virtual account, GoPay, atau kartu kredit.  

“Dalam mendukung upaya masyarakat untuk tetap sehat, kami hadir menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat tanpa perlu ada rasa khawatir. Kami mengutamakan rasa aman dan nyaman untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman secara virtual melalui video yang dapat diakses di mana pun pasien berada," jelas Oen, Chief Executive Officer AlteaCare.

"Konsultasi melalui panggilan video juga merupakan fitur utama kami guna memaksimalkan keefektifan konsultasi klinis agar dapat mempermudah para dokter spesialis dalam memberikan informasi dan edukasi seputar diagnosis, evaluasi, hingga pencegahan dan pengobatan penyakit,” tambah Mikaela.

Untuk memberikan layanan terpadu, AlteaCare juga akan bekerja sama dengan pihak asuransi dan mitra perusahaan lainnya.

“Ke depannya, kami akan mengembangkan fitur-fitur dari AlteaCare agar dapat memberikan pelayanan kesehatan secara virtual yang komprehensif untuk masyarakat Indonesia. AlteaCare juga akan bekerja sama dengan rumah sakit lainnya di Indonesia, antara lain RS Kasih yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Tujuannya untuk memperluas layanan dan fitur serta menghadirkan dokter-dokter andal dan ternama dari rumah sakit tersebut. AlteaCare juga menawarkan fitur pendaftaran vaksinasi baik vaksinasi COVID-19, vaksin anak dan vaksin dewasa,” tutup Mikaela.