Find Us On Social Media :

Tanpa Aplikasi Tambahan, Begini Cara Download Status WA Orang Lain

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 September 2021 | 17:15 WIB

Ilustrasi Cara Download Status WhatsApp (WA)

Sama seperti Instagram dan Facebook yang memiliki fitur Story, aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) juga memiliki fitur serupa yang bernama Status.

Fitur Status memungkinkan pengguna WA untuk mem-posting konten berupa foto, video, atau GIF yang bisa dilihat pengguna lainnya. Status itu pun bakal hilang dalam 24 jam setelah ditayangkan.

Ketika melihat status orang lain di WA, terkadang mungkin Anda ingin menyimpannya di galeri smartphone. Untuk men-download status orang lain, caranya cukup mudah. Bahkan, tak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Namun sebelum bisa men-download sebuah status, Anda harus terlebih dahulu melihat atau menonton status WA yang dipostingkan orang lain di daftar kontak Anda.

Sebagai informasi, setiap status WA orang lain yang Anda lihat akan tersimpan secara temporari di dalam storage (penyimpanan/memori) smartphone Anda.

Hanya saja, tempat penyimpanan temporari dari konten yang ditampilkan status WA tidak dapat ditemukan dengan mudah begitu saja. Aplikasi WA menyembunyikan lokasi penyimpanannya dari pengguna.

Nah, berikut ini cara men-download status WA tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

  1. Buka aplikasi WA dan lihat/tonton status orang lain di kontak Anda;
  2. Keluar dari aplikasi WA, kemudian masuk ke ‘File Manager’ atau ‘Files’ yang ada di daftar menu smartphone Anda;
  3. Setelah itu ketik ikon titik tiga (biasanya ada di bagian pojok kanan atas) atau klik ‘Me’ (untuk smartphone tertentu). Lalu, klik ‘Settings’ atau Pengaturan. Oh ya, beberapa tipe smartphone memiliki sedikit langkah yang berbeda untuk menemukan fitur ‘Settings’ tersebut.
  4. Kemudian aktifkan “Show hidden file” atau “Dislay hidden directories and files” untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi.
  5. Selanjutnya, masuk ke Internal Storage. Tahap berikutnya, klik folder WhatsApp > Media > .Statuses
  6. Nantinya, di folder .Statuses akan muncul seluruh konten dari status orang lain di kontak WA Anda yang sudah dilihat sebelumnya.
  7. Tekan yang lama pada konten yang diinginkan dan klik ‘Copy” atau ‘Salin’.
  8. Terakhir, ‘Paste’ konten tersebut ke salah satu folder di Internal Storage di smartphone Anda. Di folder ‘Download’ misalnya.
  9. Selesai, kini status WA orang lain sudah tersimpan di galeri smartphone Anda.

Itu dia cara mudah mendownload status WA orang lain tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Lima Belas Tips dan Trik Ini Jarang Diketahui Pengguna WhatsApp