Find Us On Social Media :

HP Luncurkan Dua Laptop Baru untuk Bermain Gim, OMEN 16 dan Victus

By Cakrawala, Rabu, 29 September 2021 | 20:00 WIB

Fiona Lee (Managing Director, HP Indonesia) ketika acara peluncuran OMEN 16 dan Victus di Indonesia minggu lalu.

HP minggu lalu meluncurkan dua laptop barunya untuk bermain gim di Indonesia. Meski sama-sama untuk bermain gim, masing-masing laptop menargetkan pengguna berbeda. Kedua laptop itu adalah OMEN 16 dan Victus. HP menargetkan OMEN 16 untuk pemain gim profesional dan hardcore, sedangkan Victus untuk pemain gim kasual dan juga kreator konten. Kehadiran kedua laptop baru tersebut sejalan dengan taglineplay to progress” yang diusung HP sehubungan bermain gim. Dengan Victus contohnya pemain gim kasual bisa meningkatkan keahliannya sehingga nantinya tidak lagi sekadar kasual. Selain itu, jumlah pemain gim di tanah air yang banyak tentunya menarik untuk disasar. HP menyebutkan jumlah pemain gim — mereka yang bermain gim — di Indonesia mencapai 100 juta pada tahun 2020 lalu.

Sebagai laptop terbaru, OMEN 16 dan Victus sama-sama menggunakan peranti keras terkini, setidaknya prosesor dan kartu grafis tambahan. Keduanya memiliki opsi untuk menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 untuk laptop maupun AMD Ryzen Mobile seri 5000. Keduanya juga menggunakan kartu grafis tambahan dengan GPU sampai NVIDIA GeForce RTX seri 30. Kombinasi prosesor dan kartu grafis tambahan tersebut plus aneka peranti keras lainnya, membuat OMEN 16 dan Victus menawarkan kinerja yang mumpuni untuk target yang disasarnya; misalnya bermain aneka gim masa kini. Oh ya, Victus, tepatnya Victus by HP, adalah lini baru untuk laptop bermain gim dari HP. Victus tidak menggantikan lini yang telah ada melainkan melengkapi portofolio HP.

“Saya rasa kita semua setuju bahwa bermain gim telah menjadi bagian yang makin integral dalam hidup kita. Bermain gim sudah menjadi salah satu media hiburan dan juga wadah untuk terhubung dengan teman-teman. Bermain gim telah memberikan kita keseruan, tantangan, petualangan, koneksi, dan keinginan untuk terus berkembang. Belakangan hal-hal tersebut terasa lebih penting karena sekarang kita bekerja, menghasilkan, dan belajar dari rumah,” sebut Fiona Lee (Managing Director, HP Indonesia). “Di HP, kami selalu berusaha untuk meningkatkan pengalaman bermain gim Anda dengan menghadirkan teknologi inovatif yang berkembang bersama Anda. Inilah mengapa kita berkumpul di sini hari ini untuk peluncuran Victus by HP dan juga OMEN 16,” tambahnya.

Tak hanya peranti keras terkini, HP juga melengkapi OMEN 16 dan Victus dengan OMEN Gaming Hub. Terdapat tiga fitur OMEN Gaming Hub yang dikemukakan HP, yakni Undervolting, Performance Control, dan System Vitals. Undervolting untuk menurunkan tegangan prosesor — menurunkan suhu — yang diklaim tidak akan menurunkan kinerja, Performance Control untuk memilih mode sehubungan performa, dan System Vitals untuk melihat utilisasi berbagai komponen secara real-time. Dengan OMEN Gaming Hub, pengguna OMEN 16 dan Victus misalnya bisa mengoptimalkan kinerja sang laptop sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

OMEN 16

OMEN 16.

Sebagai laptop yang ditargetkan untuk pemain gim profesional dan hardcore, OMEN 16 yang diluncurkan menawarkan spesifikasi lebih tinggi dari Victus yang menemaninya. OMEN 16 yang diluncurkan HP tersebut menggunakan prosesor Intel Core i7-11800H maupun AMD Ryzen sampai 9 5900H; memori utama DDR4-3200 16 GB (2 x 8 GB); kartu grafis tambahan dengan GPU sampai NVIDIA GeForce RTX 3070; media simpan SSD PCI Express Gen 4 sampai 512 GB; baterai sampai 83 Wh; layar IPS 16,1 inci dengan resolusi Full HD, refresh rate 144 Hz, color gamut sRGB sebesar 100%, dan TUV Eyesafe; serta Windows 10 Home.

Adapun untuk sistem pendinginnya, OMEN Tempest Cooling yang baru, HP mengeklaim telah ditingkatkan dengan kipas 2,5 kali lebih tipis dan 2 kali lebih banyak. Dengan peningkatan tersebut, HP menyebutkan OMEN Tempest Cooling pada OMEN 16 menghasilkan pendinginan yang lebih dingin dan lebih stabil dibandingkan generasi sebelumnya.

OMEN 16 sendiri ditawarkan HP dengan harga mulai dari Rp24.999.000 di Indonesia. HP pun membundelnya dengan Microsoft Office Home & Student 2019.

Victus

Victus.

Meski ditargetkan untuk pemain gim kasual dan kreator konten, Victus hadir dengan sepesifikasi yang bisa tidak terlalu jauh dari OMEN 16. Victus hadir dengan prosesor Intel Core sampai i7-11800H maupun AMD Ryzen Mobile seri 5000, memori utama DDR4-3200 16 GB (2 x 8 GB), kartu grafis tambahan dengan GPU sampai NVIDIA GeForce RTX 3060, media simpan SSD PCI Express Gen 4 sampai 512 GB, baterai sampai 83 Wh, layar IPS 16,1 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate 144 Hz, serta Windows 10 Home.

Sementara, sistem pendinginnya; meski bukan disebut dengan OMEN Tempest Cooling; diklaim bertenaga. HP menyatakan bahwa sistem pendingin pada Victus hadir dengan lima saluran pembuangan panas dan dua kipas berukuran besar.

Tersedia dengan pilihan warna Mica Silver, Performance Blue, dan Ceramic White; Victus ditawarkan HP di tanah air dengan harga mulai dari Rp18.999.000. HP juga membundelnya dengan Microsoft Office Home & Student 2019.