Find Us On Social Media :

Clubhouse Rilis Wave, Fitur Baru untuk Ngobrol Santai dengan Teman

By Liana Threestayanti, Sabtu, 25 September 2021 | 11:30 WIB

Clubhouse merilis fitur Wave

Clubhouse meluncurkan fitur Wave????. Fitur baru untuk ngobrol santai dengan teman ini akan membantu Clubhousers membuat lebih banyak percakapan.

Mengapa dinamai wave? Salah satu arti kata "wave" dalam bahasa Indonesia adalah melambaikan tangan. Dan melambaikan tangan merupakan cara universal untuk terhubung dengan orang lain, dalam hal ini sesama Clubhousers, dan memulai percakapan. 

Hingga saat ini, lebih dari 700.000 ‘rooms’ dibuat di Clubhouse setiap hari. Kebanyakan dari ‘rooms’ tersebut berisi topik-topik yang ingin diketahui dan disukai oleh Clubhousers, misalnya berkumpul untuk merayakan sesuatu atau mendengarkan berita teraktual.

Namun ada juga ‘rooms’ yang berisi sekelompok kecil Clubhousers, mendiskusikan hal-hal personal yang membuat mereka bahagia, seperti perayaan ulang tahun, jadwal hangout yang sudah lama tertunda, menonton film secara virtual, membuat rencana untuk akhir pekan, atau hanya sekadar nongkrong di aplikasi Clubhouse di Kamis malam.

Baca juga: Nih! Fitur-fitur Terkini Aplikasi Clubhouse yang Perlu Diketahui Pengguna

Untuk mengirimkan Wave, geser ke kanan dari Hallway atau ketuk ikon ‘titik’ di kiri bawah layar. 

Kemudian tekan tombol Wave (lambaikan tangan) di sebelah nama orang yang ingin Anda ajak ngobrol. Mereka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda menyapa, dan akan tahu bahwa Anda ingin mengajak mereka ngobrol. 

Jika mereka ingin ngobrol juga bersama Anda, mereka dapat langsung bergabung di sebuah ‘private room’ dengan Anda — dan ‘room’ tersebut terbuka hanya untuk orang yang Anda lambaikan tangan atau kirimkan Wave. 

Anda dapat menyatukan orang-orang tersebut di satu lingkaran sosial pertemanan, memperkenalkan teman dari kelompok yang berbeda, atau membuka ‘room’ tersebut lebih luas lagi dengan membuatnya terbuka untuk banyak orang. 

Anda dapat melambaikan tangan atau mengirimkan Wave ke sebanyak mungkin teman yang di Clubhouse. Sambil menunggu respons dari teman-teman yang Anda beri 'lambaian tangan', Anda dapat melakukan hal lain, seperti melihat-lihat Hallways, menemukan lebih banyak teman untuk dikirimkan Wave, atau Anda bisa masuk ke ‘room’ lain yang Anda sukai. 

Akan ada bar kecil Wave yang tersedia di bagian bawah Clubhouse Anda. Jadi, jika Anda memutuskan untuk tidak dapat ngobrol dengan yang Anda kirimkan Wave, Anda bisa membatalkan Wave tersebut. 

Kemudian, jika Anda keluar dari aplikasi, Clubhouse akan memberikan jeda waktu kepada Wave sehingga Anda tidak masuk ke dalam ‘room’ tanpa Anda menyadarinya.

Saat ini, Wave telah tersedia di Android dan iOS, dan terbuka untuk semua Clubhousers. Clubhouse mempersilakan penggunanya untuk mengirimkan laporan jika terjadi bug.