Find Us On Social Media :

Uni Eropa Bakal Izinkan Kabel Charger Tipe C untuk Semua Smartphone

By Adam Rizal, Senin, 27 September 2021 | 13:00 WIB

Apa saja Perbedaan Kabel USB Type-C dan micro-USB di Ponsel ?

Saat ini vendor smartphone menjual smartphone dengan kabel isi ulang yang beragam. Uni Eropa melihat kehadiran kabel isi ulang yang beragam membuat kurang praktis dan membingungkan penggunanya.

Karena itu, Uni Eropa akan memerintahkan semua vendor smartphone untuk menyederhanakan jenis kabel charger yang digunakan dengan Tipe C. Hal ini akan membantu kepraktisan dalam pengisian ulang baterai seperti dikutip Pocket Lint.

Komisi Eropa akan membuat regulasi itu lewat undang-undang yang mengharuskan vendor smartphone menghadirkan kabel charger yang digunakan dengan Tipe C Jika regulasi itu berlaku, maka beberapa produk elektronik termasuk iPhone di Uni Eropa harus menggunakan kabel tipe C.

Executive Vice President for a Europe fit for the Digital Age, Margrethe Vestager mengatakan masyarakat Eropa telah lama direpotkan oleh beragam jenis kabel.

"Kami telah memberi waktu kepada industri untuk menemukan solusi kabel yang paling pas. Sekarang sudah waktunya untuk melakukan tindakan legislatif untuk menghadirkan kabel charger universal," kata Margrethe Vestager.

Meskipun, secara birokrasi, kebijakan itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diterapkan. Karena, ubahan legislatif perlu diadopsi oleh Parlemen dan Dewan Eropa terlebih dahulu.

Selanjutnya, Uni Eropa perlu memberi waktu untuk masa transisi bagi industri selama sekitar dua tahun untuk melakukan adaptasi.