Find Us On Social Media :

Ancaman Keamanan Data Meningkat, PT MBT Gandeng Catalogic Software

By Liana Threestayanti, Selasa, 28 September 2021 | 18:30 WIB

Ilustrasi proteksi data

Menjawab tantangan keamanan data dewasa ini, PT Mega Buana Teknologi (MBT) meningkatkan portofolio penawaran solusi keamanan data perusahaan melalui kerjasama strategis dengan penyedia solusi smart data protection global  Catalogic Software.

Ancaman terhadap keamanan terhadap data perusahaan terus meningkat, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini. Akibat pandemi, perusahaan dan organisasi dituntut untuk menerapkan sistem kerja jarak jauh atau work from home (WFH). Hal ini memicu peningkatan pemakaian perangkat yang terhubung dengan berbagai jenis jaringan,dan hal ini membuka celah bagi masuknya ancaman serangan siber. Belum lagi jika kita mengingat faktor-faktor, seperti human error, berupa penggunaan kata sandi yang lemah, phishing, penerapan privilege access yang tidak kalah berbahayanya dalam menjaga keamanan data.

Salah satu insiden keamanan data yang baru-baru ini menjadi sorotan adalah laporan mengenai kebocoran data aplikasi Electronic Health Alert Card (eHAC). VPN Mentor, situs yang fokus pada keamanan Virtual Private Network (VPN), melaporkan adanya dugaan kebocoran 1,3 juta data pengguna. 

Jika mengacu pada laporan National Cyber Security Index (NCSI) yang dirilis pada awal bulan September 2021, Indonesia berada pada peringkat 77 dari 160 negara di dunia soal keamanan siber nasional. Indonesia tercatat memiliki skor 38,96. Untuk kawasan Asia Tenggara, angka itu jauh di bawah sejumlah negara tetangga.

Baca juga: Data Pengguna Bocor, Kini Aplikasi e-HAC Hilang dari Google Play Store

Menjawab tantangan itu, bersama Catalogic Software, MBT mewujudkan komitmennya untuk membantu perusahaan dan organisasi di Indonesia dalam menghadapi peningkatan ancaman serangan siber yang menyasar data-data penting. Kolaborasi ini akan membantu perusahaan dan organisasi dalam mengelola dan memproteksi data, termasuk data yang tersimpan di lingkungan cloud. 

Selain itu, kolaborasi dengan Catalogic ini juga diharapkan akan memperkuat posisi MBT sebagai penyedia solusi infrastruktur TI, komputasi cloud dan keamanan data yang menghadirkan nilai tambah bagi perusahaan dan organisasi di Indonesia dalam melakukan transformasi digital.

Menurut Presiden Direktur MBT, Yuwono Pranata, saat pandemi ini, ada dua prioritas utama para CIO dan CISO di seluruh dunia maupun di Indonesia. “Pertama, memastikan keamanan informasi seiring penerapan WFH dan kedua menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan network bagi konsumen di tengah peningkatan trafik sebagai konsekuensi WFH. Oleh karena itu, kami meyakini kondisi tersebut menghadirkan tantangan khususnya dalam hal kontrol terhadap keamanan informasi mengingat minimnya standar keamanan infrastruktur TIK di rumah semua karyawan, penggunaan berbagai macam perangkat untuk mengakses data, dan celah keamanan lain sebagai konsekuensi sharing data antarkaryawan. Perusahaan membutuhkan solusi proteksi keamanan data yang lebih pintar yang mampu membantu melindungi dan mengelola data termasuk backup dan recovery, disaster recovery, ransomware protection, cloud database backup, hingga business analytics, seperti solusi dari Catalogic Software," jelas Yuwono Pranata.

“Kami sangat optimis kerjasama dengan MBT untuk menghadirkan solusi yang kami desain untuk melindungi dan mengelola data, proteksi terhadap ancaman ransomware dan recovery yang sangat dibutuhkan perusahaan dan organisasi di Indonesia, khususnya di tengah meningkatnya ancaman terhadap keamanan informasi sebagai konsekuensi penerapan WFH untuk merespon pandemi Covid-19 ini. Melalui solusi tersebut kami ingin terus memperkuat posisi Catalogic Software sebagai penyedia solusi pengelolaan dan proteksi data yang inovatif dengan penyediaan fitur fitur tambahan untuk transparansi dan kontrol terhadap akses data perusahaan," kata Rajesh Shelar, Regional Sales Head dari Catalogic.

Sebagai mitra value added distributor, MBT akan melengkapi keunggulan Catalogic Software dengan penyediaan layanan mulai dari perencanaan, implementasi solusi hingga after sales seperti customer support 24/7 yang didukung oleh sumber daya manusia (engineer) berpengalaman dan menyandang sertifikat resmi.