Find Us On Social Media :

Dekati YouTube, Pengguna Aktif TikTok Tembus 1 Miliar Orang Tiap Bulan

By Adam Rizal, Kamis, 30 September 2021 | 13:00 WIB

TikTok

Pandemi menjadi salah satu momentum TikTok untuk meraup banyak pengguna. Lembaga riset Sensor Tower melaporkan TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh secara global pada kuartal pertama tahun 2020. Unduhan TikTok mencapai 315 juta kali pada periode tersebut.

Platform berbagi video pendek TikTok mengklaim telah memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan. Bahkan, TikTok menjadi salah satu aplikasi sosial yang paling banyak diunduh di dunia, selain Facebook, Instagram dan WhatsApp.

"Satu miliar orang setiap bulan menonton dan membagikan kreativitasnya satu sama lain," kata Chief Operating TikTok Vanessa Pappas dalam sebuah video yang diunggah melalui akun resmi TikTok.

"Saya mengucapkan terima kasih. Baik Anda yang hadir sejak awal maupun yang baru bergabung ke komunitas kamu, di manapun Anda berada, kami sungguh tidak bisa mencapai ini tanpa kalian," kata pappas seperti dikutip The Verge.

Dekati YouTube

TikTok terbilang sukses meluncurkan video pendek dan menginspirasi media sosial lainnya untuk meluncurkan layanan serupa seperti Instagram Reels, YouTube Shorts, dan Snapchat Spotlight.

Namun, warganet tetap lebih menggandrungi TikTok, terutama di Amerika Serikat. Dari riset yang dilakukan App Annie, pada kuartal II-2021, pengguna internet di AS lebih suka menonton TikTok ketimbang YouTube.

Warganet AS tercatat menghabiskan waktu 24 jam setiap bulannya untuk menonton video-video pendek di TikTok. Durasi itu lebih lama ketimbang waktu yang dihabiskan warganet AS untuk menonton video di YouTube, yakni selama 22 jam 40 menit tiap bulannya.

Hal serupa juga terjadi di Inggris bulan Mei 2020 lalu. Warganet Inggris menghabiskan waktu 26 jam untuk menonton TikTok tiap bulannya, lebih lama dibanding menonton video di YouTube, yakni hanya 16 jam setiap bulan.

Riset yang dilakukan App Annie hanya menghitung durasi waktu pengguna Android, belum termasuk pengguna iOS. Menurut App Annie, daya tarik TikTok ada di format video berdurasi pendek, konten otentik, dan siaran lansung yang dibuat dan dibagikan penggunanya, sebagaimana dihimpun dari BBC.

App Annie menyebut dalam hal total durasi waktu, YouTube masih juara. Sayangnya, tidak disebutkan secara spesifik berapa angka totalnya.

Hal ini cukup masuk akal karena total pengguna YouTube di seluruh dunia lebih besar, yakni 2 miliar pengguna aktif bulanan. Mengingat saat ini TikTok sudah mencapai angka 1 miliar, bukan tidak mungkin YouTube akan tersusul.