Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Perusahaan Mengelola Data untuk Tingkatkan Keuntungan?

By Adam Rizal, Jumat, 1 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Nick Lim, General Manager Asia Pasifik dan Jepang (APJ) TIBCO

Saat ini perusahaan mengalami pertumbuhan data yang sangat signifikan, menyusul banyaknya pelanggan dan perangkat. Data-data itu pun tersimpan di cloud yang memungkinkan perusahaan dan pelanggan menaksesnya kapan saja.

Kumpulan data-data yang besar atau big data dapat menjadi salah satu cara perusahaan untuk menciptakan produk atau inovasi. Dengan data besar, perusahaan harus mendefinisikan dan memproses data yang diperlukan untuk menciptakan inovasi baru.

Nick Lim, General Manager Asia Pasifik dan Jepang (APJ) TIBCO mengatakan data adalah aset yang sangat penting karena saat ini semua orang menggunakan cloud untuk mencari koneksi dan terhubung. Karena itu, perusahaan harus cermat dan pintar mengumpulkan data dan memanfaatkannya untuk keuntungan perusahaan.

"Mengumpulkan data tidaklah mudah. Pertama, Anda harus mengetahui dan memahami karakter dan kebutuhan pelanggan Anda. Setelah itu, Anda baru tahu data-data apa saja yang Anda akan kumpulkan dan manfaatkan untuk keuntungan perusahaan," katanya dalam jumpa media virtual, Kamis (30/9).

Perusahaan yang mengumpulkan dan menjaga data pelanggan memiliki tanggung jawab besar untuk menjaganya dan menggunakan beragam solusi keamanan supaya tidak bocor.

Nick mengatakan industri yang paling banyak membutuhkan data adalah keuangan, telko dan healthcare di Asia Tenggara. "Ketiga industri ini bergerak sangat cepat dalam hal penggunaan data data ransportasi juga saat ini menjadi industri yang mulai memanfaatkan big data," pungkasnya.

Nick mengakui Indonesia merupakan pasar yang besar untuk data analitik. TIBCO pun memiliki perwakilan di Indonesia dan memiliki banyak solusi ICT yang akan membantu perusahaan.

"Kami hadir dengan memberi solusi terhadap masalah data. Masalah terbesar saat ini adalah seberapa cepat mereka, pelaku industri bisa mendapatkan data yang akurat dan tepat, bukan hanya cepat saja," ucapnya

TIBCO Now

TIBCO juga menggelar ajang bergensi TIBCO Now 2021. TIBCO Now adalah konferensi bagi pelaku industri utama untuk jaringan dan berbagai praktik terbaik di antara para ahli di bidang teknologi dan inovasi.

Tahun ini TIBCO Now berlangsung di tiga zona waktu yaitu Amerika, Eropa dan Asia Pasifik. Acara ini berlangsung dari tanggal 27 – 30 September 2021 secara digital dengan mengusung tema LIMITLESS.

TIBCO Now tahun ini fokus pada 3 area yaitu Connect, Unify, dan Predict. Area Connect lebih fokus pada perusahaan berbasis data yang memerlukan pemikiran ulang tentang integrasi & konektivitas. Sesi ini akan menampilkan kisah sukses dari organisasi terkemuka dunia.

Area Unify membahas tentang industry yang siap beradaptasi dengan dunia yang berubah dilengkapi dengan platform data yang kuat. Sedangkan area Predict adalah tentang bagaimana proses pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan lebih cerdas dengan menggabungkan kemampuan yang kuat dan ide-ide kreatif.

Acara TIBCO Now telah dihadiri oleh 40 ribu peserta dari berbagai negara di seluruh dunia.