Find Us On Social Media :

Microsoft Resmi Luncurkan Windows 11, Desain Lebih Segar dan Ramah

By Adam Rizal, Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Windows 11

Perusahaan software terbesar di dunia Microsoft resmi meluncurkan Windows 11 di seluruh dunia sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10.

Chief product officer Windows Panos Panay mengatakan Windows 11 menawarkan desain yang lebih segar dan bersih serta mudah pengoperasiannya termasuk bagi orang yang belum paham eknologi sekalipun. "Ayah saya 89 tahun, saya sangat senang dia menekan tombol itu dan upgrade, bukan karena dia ayahku, karena aku hanya ingin ini mudah baginya."kata Panay seperti dikutip BBC, Selasa (5/10). Panay mengatakan para ahli telah menyimpulkan Windows 11 telah siap beroperasi dan tidak ada masalah berarti, usai mengujinya secara ekstensif melalui program uji coba Window's Insider.

"Upgrade ini telah siap sekarang," pungkasnya.

Perubahan Sistem operasi Windows 11 menawarkan beberapa perubahan desain yang signifikan, bersama dengan beberapa perubahan tentang cara kerja sistem di bawahnya. Untuk Windows 11, tombol Start ada di tengah layar Secara default, menu Start dipusatkan di layar, bersama dengan ikon di taskbar. Saat diklik, tombol Start membuka menu aplikasi yang sering digunakan. Dalam beberapa hal, ini meniru tampilan menu atau peluncur aplikasi ponsel cerdas. Microsoft juga telah menghilangkan 'tiles' yang ada di menu mulai Windows 10. "Kami telah belajar dari Windows 8, yang menyingkirkan menu start sepenuhnya dan mengecewakan banyak pengguna. Anda belajar dari itu, tentu saja, dan kemudian Anda beradaptasi," katanya. Pengembangan antarmuka Windows 11 melibatkan pengamatan bagaimana orang menggunakan komputer mereka.

"Apa yang ingin mereka klik, di mana mata mereka tertuju pada mesin ketika mereka datang ke lab kami," jelasnya. Widget, nilai jual utama Windows Vista 2007, juga muncul kembali. Tetapi alih-alih 'mengambang' di layar tempat pengguna meletakkannya, widget tinggal di bilah sisi di sebelah kiri, dan juga terhubung ke layanan Microsoft. Beberapa perubahan lebih dalam dari antarmuka dan desain. Integrasi sistem untuk Microsoft Teams, menggantikan Skype, dan aplikasi Xbox keduanya sangat menonjol dalam iklan Microsoft.