Find Us On Social Media :

Lebih Ringkas, Instagram Video Gabungkan IGTV dan Video Feed

By Adam Rizal, Kamis, 7 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Instagram Video

Saat ini Instagram memiliki sejumlah format video di platformnya seperti video di feed, IGTV, dan Reels. Ketiga format video itu tampil terpisah dan ditempatkan dalam tab yang berbeda pula.

Hal itu membuat pengguna bingung karena banyaknya format video di Instagram. Karena itu, Instagram ingin membuat format video menjadi lebih ringkas dengan menggabungkan video IGTV dan video di feed dalam satu tab khusus yaitu 'Instagram Video'.

"Mulai hari ini, kami menggabungkan IGTV dan video feed ke dalam satu format, yaitu Instagram Video," tulis Instagram di laman resmi Facebook Newsroom seperti dikutip The Verge.

Instagram mengungkapkan, penggabungan video feed dan IGTV itu bertujuan untuk memudahkan pengguna ketika membuat dan menemukan video di Instagram. Penggabungan itu juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dengan cara yang sama seperti biasanya.

"Anda masih dapat mengunggah video dengan cara yang sama, yakni dengan cara mengklik ikon '+' di atas halaman beranda Instagram dan memilih format 'Post'," tulis Instagram, sebagaimana dihimpun Facebook Newsroom.

Instagram tidak menjelaskan secara detail berapa durasi untuk format baru Instagram Video ini. Bila dilihat dari durasi format video feed dan IGTV sebelumnya, durasi Instagram Video nantinya akan sama dengan durasi IGTV yang notabene lebih panjang.

Sebagai informasi, IGTV memungkinkan pengguna mengunggah video yang panjangnya antara 1 menit hinga 60 menit. Sementara durasi video yang bisa diunggah di feed sekitar 3 detik sampai 1 menit.