Find Us On Social Media :

Terungkap! Android 12 Resmi Diberi Nama Makanan Penutup 'Snow Cone'

By Adam Rizal, Jumat, 8 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Android Snow Cone

Akhirnya Google meluncurkan Android 12 yang stabil ke Android Open Source Project dengan nama makanan penutup 'Snow Cone'

Dave Burke (Wakil Presiden Teknik Google untuk Android) mengatakan pemilihan nama makanan penutup ini menandai hal yang cukup penting karena Google telah meninggalkan penggunaan suguhan lezat sebagai nama merek untuk setiap rilis versi Android utama pada 2019 dengan peluncuran Android 10. Sejak saat itu, setiap rilis utama sistem operasi telah dirujuk hanya dengan urutan numeriknya.

"Snow Cone sebagai sebutan yang dipakai oleh developer, untuk merujuk Android 12," katanya melalui akun resmi Twitternya.

Sebagai informasi, Snow Cone adalah es krim serut yang disiram dengan sirup gula di atasnya. Makanan penutup jenis ini umumnya disajikan dalam wadah berbentuk kerucut (cone) atau cangkir.

"Background keren untuk merayakan peluncuran Android Snow Cone," tulis Burke di akun Twitter-nya.

Nama makanan penutup Snow Cone sendiri pertama kali muncul pada bulan Februari atau ketika nama internal untuk Android 12 bocor. Android 12 juga memperkenalkan sejumlah peningkatan seperti tema dinamis, widget yang diperbarui, dan pengaturan privasi yang ditingkatkan.

Seperti biasa, Android 12 akan diluncurkan pertama kali ke smartphone Google Pixel termasuk Pixel 5a hingga seri Pixel 3 sebelum menjangkau banyak ponsel Android terbaik.

Beberapa vendor smartphone seperti Oppo, OnePlus, dan Realme masing-masing sudah mengonfirmasi tanggal peluncuran Android 12 di produknya. Android 12 sendiri menghadirkan desain, opsi privasi, hingga izin lokasi baru.

Sebagai informasi, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama camilan manis, sejak kemunculan versi Android 10.

Namun, Google masih tetap menggunakan sistem penamaan ini, untuk kalangan internal saja. Sebelumnya, Android 10 memiliki nama Quince Tart dan Android 11 Red Velvet Cake.

Google juga dikabarkan akan menggunakan nama Tiramisu untuk sistem operasi Android 13.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar nama sandi/julukan yang diberikan Google untuk setiap generasi OS Android, sebagaimana dihimpun XDA Developer.

Android 1.5: CupcakeAndroid 1.6: DonutAndroid 2.0: EclairAndroid 2.2: FroyoAndroid 2.3: GingerbreadAndroid 3.0: HoneycombAndroid 4.0: Ice Cream SandwichAndroid 4.1: Jelly BeanAndroid 4.4: KitKatAndroid 5.0: LollipopAndroid 6.0: MarshmallowAndroid 7.0: NougatAndroid 8.0: OreoAndroid 9: PieAndroid 10: Quince TartAndroid 11: Red Velvet CakeAndroid 12: Snow ConeAndroid 13: Tiramisu