Find Us On Social Media :

Dihack, Informasi Rahasia hingga Gaji Streamer Twitch Bocor di Internet

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Twitch

Platform streaming game milik Amazon Twitch dilaporkan kena retas oleh hacker anonim.

Hacker itu sukses mencuri data 125GB yang berisi tentang informasi internal perusahaan seperti source code, informasi produk yang belum dirilis, hingga detail pembayaran atau gaji ke kreator Twitch.

Kebocoran data itu berasal dari informasi pembayaran sejak Agustus atau September 2019 hingga Oktober 2021.

Twitch mengkonfirmasi bahwa insiden kebocoran data itu benar terjadi. Twitch sendiri meminta pengguna untuk mengubah password mereka dan streamer harus mengaktifkan two-factor authentication jika belum melakukannya.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan cepat untuk memahami sejauh mana ini terdampak," kata Twitch, dikutip dari The Verge.

Terkait gaji streamer Twitch, beberapa streamer mengaku bahwa informasi yang dibocorkan 100 persen memang akurat. Bahkan, ada pula streamer yang mengaku detail gaji yang bocor itu hampir benar mendekati jumlah penghasilan dari Twitch.

"Rincian gaji yang bocor itu mencantumkan angka pendapatan saya yang 100 persen benar," kata Streamer Fortnite BBG Calc kepada BBC News

Gaji-gaji streamer Twitch yang bocor adalah streamer yang berpenghasilan tertinggi sekaligus terkenal seperti Dungeons & Dragons, CriticalRole, Canadian xQC, and American Summit1g.

Tampaknya, kali ini hacker mengincar informasi perusahaan ketimbang akun pribadi pengguna karena sejauh ini data yang bocor ini tampaknya tidak berisi informasi kata sandi atau alamat dari pengguna Twitch.

Outlet media Kotaku melaporkan, angka pendapatan streamer di dokumen itu mencapai jutaan dollar AS.