Find Us On Social Media :

Schlumberger & AVEVA Satukan Keunggulan, Dorong Efisiensi Produksi Migas

By Liana Threestayanti, Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:45 WIB

Ilustrasi migas, AVEVA, Schlumberger

Perusahaan kontraktor pertambangan minyak (oilfield services), Schlumberger, dan pengembang software industri, AVEVA, hari ini sepakat untuk meningkatkan solusi digital bagi produksi minyak dan gas.

Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam mengintegrasikan solusi edge, Artificial Intelligence (AI), dan cloud untuk membantu para operator mengoptimalkan produksi minyak dan gas. 

Dengan terintegrasinya teknologi-teknologi terkini ke solusi yang sudah ada, cara kerja operator energi dalam memperoleh dan memroses data lapangan akan lebih sederhana sehingga efisiensi dan kinerja lokasi pemboran akan meningkat.

Di awal kerja sama ini, kolaborasi ini difokuskan pada menautkan sistem edge ke aplikasi di lingkungan DELFI cognitive E&P sehingga perusahaan dapat mengelola kondisi peralatan dan mengoptimalkan kinerja dengan lebih baik.

Kedua perusahaan menyebutkan bahwa kolaborasi ini akan membawa kapabilitas keduanya di bidang IoT dan cloud ke pasar industri, termasuk kemampuan platform manajemen data AVEVA PI System, domain expertise Schlumberger, dan kemampuan analitik yang disediakan oleh solusi Agora edge AI and solusi IoT, serta lingkungan DELFI.

“Kemitraan ini menyatukan solusi edge dan cloud kami dengan AVEVA PI System™ untuk membebaskan akses tanpa hambatan ke data sehingga mempercepat wawasan dan tindakan. Dengan mengintegrasikan keahlian kami, teknologi edge yang aman, dan aplikasi digital di lingkungan DELFI dengan AVEVA, akan memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan efisiensi dan mengubah operasi produksi mereka,” ungkap Rajeev Sonthalia, President, Digital & Integration, Schlumberger.

Dengan pengumuman ini, AVEVA PI System akan diintegrasikan dengan teknologi edge Agora dan solusi produksi berbasis cloud di lingkungan DELFI  dari Schlumberger.

Sementara menurut Andrew McCloskey, Chief Technology Officer, AVEVA, transformasi digital pada infrastruktur vital memerlukan visi strategis yang melampaui teknologi untuk mendorong efisiensi, mencapai hasil bisnis yang menguntungkan, dan menjamin keberlanjutan.

“Kondisi ekonomi makro baru-baru ini telah menyoroti perlunya kelincahan di semua industri. Kolaborasi kami dengan Schlumberger akan mendorong operasional yang lebih gesit dan proses perekayasaan yang lebih efisien, sekaligus memungkinkan pengiriman produk dan layanan baru yang lebih cepat untuk membuat aset dan operasi berjalan lebih lancar,” ujar Andrew.