Find Us On Social Media :

JX Indonesia & JD.ID Dukung Jual Beli Digital UMKM Kota Malang

By Liana Threestayanti, Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Setelah sebelumnya “mampir” di Kota Serang, program edukasi jual beli secara digital untuk UMKM dari J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID sampai di Kota Malang, Jawa Timur. 

Bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, program yang memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online dan digital dalam kegiatan jual beli oleh UMKMI ini dikemas dalam program unggulan bertajuk “Kewirausahaan Berbasis Technopreneur”.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 lalu di  Hotel Ijen Suites, Kota Malang. Dan kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang, Muhamad Sailendra, ST., MM.  berhasil mengajak 110 pelaku UMKM dari Kota Apel ini.

Para pembicara dalam acara ini secara sistematis menyampaikan sejumlah materi, seperti pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, dan penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Dalam acara pembukaan, Muhamad Sailendra, ST., MM., mengatakan bahwa acara ini bertujuan memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Malang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce. 

“Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Malang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” ujarnya menyampaikan harapan. 

Sementara Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia, Arditiandito, mengatakan bahwa JX Indonesia tidak ingin hadir hanya sebagai penyedia jasa logistik. “Tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Malang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin,” imbuh Arditiandito.

Salah satu materi yang disampaikan di program ini adalah metode pembayaran cash on delivery (COD). Aryo Pri Utomo, Event, Community and Partnership J-Express (JX) Indonesia menjelaskan bahwa COD merupakan salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. 

“Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70 persen konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi dimana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online,” jelas Aryo.

Demas Ryan, Seller Engagement and Education Manager JD.ID mengajak para pelaku UMKM di Indonesia, khususnya di Kota Malang untuk bergabung dengan platform e-commerce JD.ID. Ia memaparkan peningkatan jumlah transaksi di platform JD.ID dari tahun ke tahun.

Kemudian Andrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD Fans menjelaskan tentang aplikasi afiliasi marketing JD Fans yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. 

“Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80 persen, diskon khusus dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi,” ia berharap.

Setelah Kota Serang, Bogor, dan Malang, J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID akan menghadirkan kegiatan edukasi dan pelatihan ini di berbagai kota di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya.