Find Us On Social Media :

Kompetisi Startup Tahunan Alibaba "JUMPSTARTER 2022" Sudah Dibuka

By Indah PM, Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Pembukaan Kompetisi Alibaba Entrepreneurs Fund HSBC JUMPSTARTER 2022

Kompetisi startup tahunan Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund (AEF) kembali membuka pendaftaran bagi para pelaku usaha di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pendaftarannya sudah dibuka hingga 28 November 2021.

Tahun ini, kompetisi bernama Entrepreneurs Fund/HSBC JUMPSTARTER 2022 Global Pitch Competition (“JUMPSTARTER 2022”) melibatkan HSBC sebagai sponsor utama. AEF dan HSBC akan berkolaborasi dalam menggaungkan acara ini untuk startup dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.  

“HSBC berkomitmen untuk senantiasa mendukung startup dan usaha kecil dari berbagai sektor. JUMPSTARTER 2022 menawarkan panggung bagi para wirausahawan bertalenta untuk dapat meraih peluang pasar di kota yang dinamis ini, dan mengeluarkan potensi mereka seiring dengan berjalannya waktu,” ungkap Christina Ong (Head of Business Banking, Commercial Banking, Hong Kong, HSBC).

Di tahap awal, 100 peserta akan diseleksi oleh dewan juri untuk mengikuti fase pitching pada bulan Desember. Dari jumlah tersebut, 10 peserta akan dipilih untuk berpartisipasi pada tahap final di tahun 2022, untuk berkompetisi meraih investasi senilai total 4 juta dolar AS, serta penghargaan lainnya. Hong Kong Cyberport Management Company Limited and Hong Kong Science and Technology Parks Corporation, sebagai salah satu penyelenggara akan turut mengeluarkan investasi agar bisa mendukung pertumbuhan para startup lebih jauh.

Tahun lalu, startup asal Indonesia Outpos (www.outpos.co) meraih penghargaan untuk Kategori Ritel pada JUMPSTARTER 2021 dan mencapai peringkat 10 besar, dari 2.000 peserta yang berpartisipasi dari seluruh penjuru dunia. Outpos didirikan oleh Shariff Raffi yang memiliki tujuan untuk memberdayakan pedagang makanan tradisional kaki lima dengan teknologi mutakhir.

Finalis 10 besar JUMPSTARTER 2022 akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam program pertukaran dan/atau aktivitas riset pasar yang diselenggarakan oleh AEF di Hong Kong dan kota lainnya di Greater Bay Area (GBA) Tiongkok.

Selain itu, JUMPSTARTER 2022 akan menghadirkan para pakar industri untuk berbagi pengalaman dan membantu para pelaku startup memahami lanskap pasar di GBA dan memperluas jaringan bisnis, sehingga peluang di masa depan dapat terbuka lebih luas.

Sementara itu, 100 partisipan terbaik dari JUMPSTARTER 2022 akan berkesempatan mengikuti Program Alibaba Netpreneur Training. Kuota pelatihan ini meningkat dari 20 partisipan terbaik menjadi 100 partisipan tahun ini, sebagai salah satu cara untuk memberikan dukungan tidak hanya berupa pendanaan, tapi juga jaringan dan aset sumber daya bagi para startup.

Cindy Chow (Executive Director of Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund), menegaskan bahwa JUMPSTARTER 2022 berupaya untuk menjawab tren terbaru dan berfokus pada lima sektor yang meliputi teknologi finansial, deep tech, layanan kesehatan, teknologi seni, dan keberlanjutan lingkungan.

Pendaftaran JUMPSTARTER 2022 kini telah dibuka, bagi startup yang sudah beroperasi minimal lima tahun dan memiliki rencana untuk berekspansi ke Hong Kong atau kota lain di GBA melalui tautan melalui tautan www.jumpstarter.hk/tc.