Gojek dan Tokopedia mulai menambahkan alat pembayaran digital milik Gojek, GoPay ke laman utama aplikasi Tokopedia.
Sebelumnya, Tokopedia menggunakan dompet digital utama Ovo sebagai pilihan pembayaran.
Meski demikian, Ovo tetap bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Tokopedia. Tidak hanya GoPay, pengguna juga bisa memanfaatkan GoPayLater untuk transaksi di Tokopedia.
Sebagai informasi, GoPayLater adalah layanan milik Gojek yang akan menalangi transaksi pengguna lebih dulu. Tagihan GoPayLater akan dicicil dan dibayarkan oleh pengguna setiap akhir bulan.
Pengguna Tokopedia yang memiliki akun GoPay bisa melakukan transaksi di Tokopedia setelah mengaktifkannya. Namun, ada beberapa orang yang mengalami kegagalan saat mengaktifkan GoPay dan GoPayLater di Tokopedia.
Jika terjadi demikian, pengguna tidak akan bisa menggunakan GoPay atau GoPayLater sebagai opsi pembayaran di Tokopedia. Jika gagal mengaktifkan GoPay di Tokopedia, pengguna bisa melakukan langkah berikut seperti dirangkum dari laman resmi Tokopedia:
- Pastikan aplikasi Tokopedia telah diperbarui ke versi terbaru.
- Cek koneksi internet apakah dalam keadaan stabil atau tidak.
- Tunggu 30 menit jika aktivasi pertama gagal.
- Masukan kode OTP di aplikasi Tokopedia yang diterima melalui SMS. Jika belum menerima kode OTP, tunggu 30 detik untuk mengirim permintaan lagi.
- Lakukan hingga tiga kali dalam waktu 10 menit. Jika masih belum menerima kode OTP, tunggu 30 menit untuk mencobanya lagi.
- Masukkan PIN akun Gojek.
- Jika kode PIN belum diaktifkan, pengguna harus melakukan aktivasi lebih dulu.
- Pastikan nomor HP yang digunakan di aplikasi Tokopedia, sama dengan akun Gojek/GoPay yang akan diaktivasi.
- Menurut ketentuan, 1 akun GoPay hanya bisa dihubungkan dengan 1 akun Tokopedia.
- Pastikan akun Gojek/GoPay tidak terblokir.
- Jika masih mengalami masalah, hubungi pihak Gojek dengan membuka menu Profil > Bantuan > Hubungi Kami.
GoPayLater
Jika gagal mengaktifkan GoPayLater, beberapa hal berikut harus dicek terlebih dahulu:
1. Pastikan mendapat kode OTP
Jika tak kunjung mendapat kode OTP, ulangi permintaan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 10 menit. Jika masih gagal, tunggu 30 menit dan coba kembali.
2. Nomor HP yang terdaftar di Gojek harus sama dengan akun di aplikasi Tokopedia
Pastikan nomor HP di Tokopedia sudah disesuaikan dengan akun Gojek. Jika berbeda, ganti nomor HP di akun Gojek dengan cara bukan Profil akun Gojek > Edit > ubah nomor HP sesuai yang terdaftar di Tokopedia > restart aplikasi. Sedikit catatan, pastikan nomor baru tersebut belum pernah terdaftar di akun Gojek.
3. Punya GoPayLater tapi tidak muncul sebagai opsi pembayaran di Tokopedia
Jika mengalami hal tersebut, tunggu 1x24 jam sejak GoPayLater diaktifkan. Kemudian sambungkan kembali akun GoPay di Tokopedia.