Find Us On Social Media :

DANA Dorong Pengguna untuk Melakukan Verifikasi KYC, Mengapa?

By Cakrawala, Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi DANA.

DANA kemarin di Jakarta mengatakan terus mendorong pengguna DANA untuk melakukan proses verifikasi KYC (know your customer) dan menjadi pengguna premium. Mengapa? DANA menegaskan bahwa melakukan verifikasi dan menjadi pengguna premium dompet digitalnya meningkatkan keamanan data dan memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam bertransaksi. Apalagi, masa kini, proses verifikasi di DANA diklaim lebih cepat dan akurat yang memudahkan pengguna. Pasalnya, DANA telah bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil (Direktorat-Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil) di Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) sehubungan verifikasi tersebut. DANA pun menambahkan bahwa keamanan data dan kenyamanan transaksi akan selalu menjadi prioritasnya.

“Kami terus memperkuat sistem keamanan termasuk dengan menerapkan zero data sharing policy, mengadopsi sistem berstandar internasional seperti sertifikasi ISO 27001:2013 maupun PCI-DSS, dan bekerja sama dengan Dukcapil untuk proses verifikasi data penguna. DANA juga tidak berhenti mendorong dan mengedukasi pengguna untuk melakukan proses verifikasi KYC. Pasalnya, masih terdapat pengguna DANA yang belum melakukan KYC padahal manfaatnya besar sekali,” ujar Vince Iswara (CEO dan Co-founder DANA).

Berkat kerja sama antara DANA dengan Ditjen Dukcapil, data kependudukan pengguna yang melakukan verifikasi KYC tidak akan tersimpan di DANA. Data kependudukan tersebut akan terhubung dengan Dukcapil untuk keperluan verifikasi yang dimaksud. Selain lebih akurat, pengguna bersangkutan tidak perlu khawatir data kependudukannya akan disalahgunakan. Jumlah langkah untuk verifikasi KYC pun tidak banyak. Menurut DANA sekitar lima langkah kalau sudah di dalam aplikasi DANA. Masih sehubungan keamanan dan kemudahan, DANA menyebutkan terdapat DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) yang membolehkan penggunaan wajah untuk login maupun melakukan pembayaran menggantikan PIN.

“Kemendagri sebagai penyelenggara pemerintahan bermaksud membantu dalam membangun industri keuangan yang sehat sehingga bisa mencegah fraud, penipuan, dan pemalsuan sehingga industri keuangan bisa tumbuh dengan baik. Begitu pula kerja sama yang dilakukan oleh DANA dan Dukcapil untuk melakukan verifikasi pengguna sesuai dengan aturan yang berlaku. Hak akses ini hanya memungkinkan untuk melakukan verifikasi kesesuaian atau ketidaksesuaian antara data-data yang diberikan seorang penduduk yang akan menjadi calon pengguna dompet digital dengan data yang ada pada database kependudukan. Ke depannya, kami akan selalu meningkatkan keamanan siber dan menguatkan selektivitas kerja sama yang dilakukan,” sebut Zudan Arif Fakrulloh (Direktur-Jenderal Dukcapil).

Adapun manfaat yang diperoleh dengan menjadi pengguna premium di DANA adalah bisa menggunakan keseluruhan fitur DANA. FItur-fitur itu antara lain bisa menambah saldo sampai Rp10 juta, bisa melakukan tranfser, dan bisa melakukan tarik tunai. Kesemuanya ini tentunya dapat membuat penggunaan makin nyaman.