Find Us On Social Media :

LG Kenalkan Monitor Ergo Generasi Terbaru, Apa Kelebihannya?

By Cakrawala, Senin, 18 Oktober 2021 | 21:15 WIB

LG mengenalkan lini monitor Ergo generasi terbarunya di dunia. Salah satunya adalah LG Ergo Dual (model 27QP88D).

LG Electronics beberapa hari lalu mengenalkan lini monitor Ergo generasi terbarunya di dunia. Sebelumnya LG sudah memperkenalkan konsep Ergo ini di dunia dan menghadirkan sejumlah monitor yang menggunakannya. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, LG Ergo mengedepankan dua aspek, yakni ergonomi dan fleksibilitas. LG mengklaim desain monitor yang dimaksud bisa membantu pengguna menghadirkan ruang kerja maupun ruang untuk bermain gim yang ideal, membuat pengguna bisa lebih produktif dan nyaman. Pasalnya, monitor dengan LG Ergo memiliki desain yang hemat tempat dan mudah untuk diatur posisinya sesuai kebutuhan.

Pada LG Ergo generasi kedua yang dikenalkan, ergonomi dan fleksibilitas tetap menjadi aspek yang dikedepankan. Seperti umumnya pula, LG Ergo generasi kedua menawarkan kelebihan dibandingkan sebelummya. LG menyebutkan kelebihan yang ditawarkan lini monitor generasi kedua tersebut adalah pengaturan yang ditingkatkan. LG menambahkan bahwa peningkatan yang dimaksud membuat berbagi pakai dengan orang lain dan menggunakan dalam posisi berdiri makin mudah. Terdapat dua LG Ergo yang dikenalkan, yakni LG Ergo Dual (model 27QP88D) dan LG Ergo Single (model 32QP880).

“Monitor LG Ergo generasi terbaru ini disiapkan menjadi solusi canggih bagi ruang kerja yang didesain dengan fleksibilitas tinggi dan membawa seluruh kapabilitas terkini yang dapat diharapkan dari sebuah layar monitor,” ujar Jang Ik-hwan (Senior Vice President LG Electronics Business Solutions Company) sembari menegaskan LG Ergo generasi kedua turut membawa berbagai fitur terkini seperti dukungan HDR dan bezel yang tipis.

Seperti sebutannya, LG Ergo Dual hadir dengan dua layar. Kedua layar ini bisa disandingkan menempel bersebelahan maupun terpisah. Oleh karena itu, LG Ergo Dual bisa diatur agar nyaman digunakan oleh dua pengguna sekaligus. Sejalan dengan itu, bezel kiri, kanan, dan atas LG Ergo Dual pun tipis untuk meminimalkan gangguan ketika digunakan sebagai satu monitor besar. Namun, LG tidak menyebutkan ukurannya, hanya menyebutkannya dengan "3-Side Virtually Borderless Design".

LG Ergo Dual (model 27QP88D) sendiri datang dengan dua layar IPS yang masing-masing berukuran 27 inci. Masing-masing layar itu memiliki resolusi QHD alias 2.560 x 1.440 piksel, color gamut berupa sRGB sebesar 99%, dan mendukung HDR10. Selain itu, masing-masing layar disebutkan telah dikalibrasi warnanya. Terdapat juga porta USB 3.0 yang bisa memudahkan misalnya ketika perlu menghubungkan USB flash disk.

Sementara, LG Ergo Single hadir dengan satu layar. LG Ergo Single (model 32QP880) datang dengan satu layar IPS berukuran 31,5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi QHD alias 2.560 x 1.440 piksel, color gamut berupa sRGB sebesar 99%, dan mendukung HDR10. Selain itu, layar bersangkutan disebutkan telah dikalibrasi warnanya. Terdapat pula porta USB 3.0. Menariknya, mski tunggal, monitor ini juga mengusung 3-Side Virtually Borderless Design.

Adapun peningkatan pengaturan yang ditawarkan oleh LG Ergo generasi kedua dibandingkan sebelumnya terletak pada pengaturan ketinggian dan pengaturan pemutaran alias swivel. Ambil contoh LG Ergo Single (model 32QP880). Dibandingkan LG UltraFine model 32UN880, LG Ergo generasi kedua itu ketinggiannya bisa diatur sampai 21 cm dan bukannya sampai 18 cm, sedangkan pemutarannya bisa sampai ±335° dan bukannya sampai ±280°.

Ketersediaan dari LG Ergo generasi kedua di Indonesia sendiri tidak disebutkan, termasuk perihal harganya. Namun, LG menyatakan segera melakukan pemasaran luas akan Ergo generasi kedua tersebut di dunia. Spesifikasi lebih lengkap dari LG Ergo generasi kedua yang dikenalkan bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Spesifikasi LG Ergo generasi kedua.