Find Us On Social Media :

ManageEngine Tingkatkan Keamanan Endpoint dengan Kemampuan Baru

By Cakrawala, Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Ilustrasi ManageEngine.

ManageEngine baru saja mengumumkan penambahan kemampuan baru kepada solusi UEM (unified endpoint management) -nya, Desktop Central, di dunia. ManageEngine menambahkan bahwa peningkatan keamanan endpoint yang ditawarkan Desktop Central sejalan dengan bergesernya cara bekerja karyawan menjadi secara daring atau jarak jauh di dunia berkat pandemi COVID-19. Mengutip Bitdefender, ManageEngine menyebutkan serangan ransomware alias ransomware attack meningkat 485% pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Dengan kata lain, keamanan siber alias cyber security makin penting pada era bekerja dari jarak jauh. Meski sebagian karyawan sekarang sudah mulai bisa bekerja di kantor, cara kerja hibrida diyakini akan menjadi cara kerja ke depan.

“Pandemi mengubah cara kita bekerja, mendistribusikan tenaga kerja yang sangat terpusat dan kemudian mendorong organisasi ke dalam model kerja hibrida. Penjahat dunia maya memanfaatkan perubahan tersebut untuk meningkatkan kompleksitas serangan siber. Perusahaan perlu terus menambah infrastruktur keamanan siber mereka untuk mengatasi ancaman baru ini,” kata Mathivanan Venkatachalam (Wakil Presiden ManageEngine). “ManageEngine berusaha untuk terus menambahkan kemampuan keamanan yang ditingkatkan ke solusi UEM-nya, membantu organisasi memerangi lanskap ancaman yang berkembang tanpa memerlukan agen dan penyiapan tambahan,” sebutnya lagi.

Adapun kemampuan baru yang ditambahkan ManageEngine kepada Desktop Central adalah kemampuan pencegahan kehilangan data untuk endpoint, anti-ransomware, dan kemampuan kepatuhan alias compliance endpoint. ManageEngine pun mendemonstrasikan kemampuan keamanan baru bersangkutan pada GITEX Technology Week di Dubai World Trade Centre belum lama ini.

Kemampuan pencegahan kehilangan data endpoint memungkinkan perusahaan yang menggunakannya membatasi pertukaran data ke e-mail, periferal, dan aplikasi cloud tepercaya. Anti-ransomware sesuai namanya untuk membantu perusahaan mengatasi perihal ransomware. Sementara, kemampuan kepatuhan endpoint untuk membantu perusahaan memenuhi kepatuhan CIS (Center for Internet Security) untuk endpoint, yang pada gilirannya mematuhi PCI DSS, HIPAA, FISMA, dan kerangka kerja peraturan lainnya yang selaras dengan CIS Benchmarks.

Bagi yang ingin menggunakan kemampuan baru yang ditawarakan solusi UEM dari ManageEngine, bisa mendapatkan solusi UEM itu dengan harga US$40 per lisensi per tahun. Uji coba 30 hari dengan fungsi penuh juga tersedia. Begitu pula edisi Gratis bagi startup dan usaha kecil.