Find Us On Social Media :

Microchip Berkolaborasi dengan Acacia untuk Bantu Transisi ke 400G

By Cakrawala, Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Microchip mengumumkan kolaborasinya dengan Acacia untuk bantu organisasi bertransisi ke 400G.

Microchip belum lama ini mengumumkan kolaborasinya dengan Acacia di dunia. Melalui kerja sama tersebut, Microchip dan Acacia menghadirkan kumpulan solusi yang terdiri dari lini produk Microchip dan lini produk Acacia untuk membantu para organisasi melakukan transisi ke modul 400G pluggable coherent optical dari yang 200G dan 100G. Microchip menyebutkan transisi ke 400G — 400 Gbps — itu diperlukan untuk menjawab makin tingginya kebutuhan akan bandwidth berkat perluasan pusat data dan implementasi 5G yang dilakukan banyak organisasi. Seperti yang populer disebutkan IBM beberapa waktu lalu, 90% data di dunia kala itu diciptakan dalam dua tahun terakhir; makin hari data yang dihasilkan makin banyak.

Koloborasi Microchip dan Acacia sendiri memastikan interoperabilitas antara produk-produk keduanya yang menjadi bagian dari solusi yang ditawarkan tadi. Adapun lini produk yang dimaksud adalah DIGI-G5 dan META-DX1 dari Microchip serta 400G pluggable coherent optic dari Acacia. Microchip DIGI-G5 adalah prosesor OTN, sedangkan Microchip META-DX1 adalah Ethernet PHY. Selain itu, kolaborasi bersangkutan juga diklaim untuk membangun suatu ekosistem modul-modul 400G CFP2-DCO, QSFP-DD, dan OSFP bagi 400ZR, OpenZR+, dan Open ROADM MSA. Dengan kata lain, mendorong pula interoperabilitas yang lebih luas.

“DIGI-G5 dan META-DX1 telah memungkinkan pelanggan optical transport, IP routing, dan Ethernet switching kami untuk menerapkan suatu kelas baru OTN switching multiterabit, 100/400 GbE berdensitas tinggi, dan aneka line card FlexE yang memberikan pewaktuan paket yang ketat dan kemampuan keamanan terintegrasi untuk membangun jaringan optik cloud dan jaringan optik operator yang siap 5G,” ujar Babak Samimi (wakil presiden unit bisnis Komunikasi Microchip). “Upaya interoperabilitas kami dengan Acacia membantu menunjukkan bahwa ada ekosistem untuk deployment secara massal para line card dengan 400G coherent optic yang pluggable versi terbaru ini,” tambahnya.

“Kami melihat modul 400G coherent Acacia yang terverifikasi untuk beroperasi dengan perangkat DIGI-G5 dan META-DX1 Microchip sebagai solusi yang kuat untuk menjawab pertumbuhan kapasitas jaringan dan peningkatan efisiensi,” kata Markus Weber (direktur senior DSP, manajemen lini produk Acacia yang sekarang menjadi bagian dari Cisco). “Ukuran ringkas dan efisiensi daya modul 400G OpenZR+ CFP2-DCO kami dirancang untuk membantu para operator jaringan men-deploy dan meningkatkan kapasitas koneksi DWDM bandwidth tinggi antara aneka pusat data dan di berbagai jaringan metro,” pungkasnya.