Find Us On Social Media :

Menggandeng Batumbu, CIMB Niaga Perluas Kredit ke Segmen UMKM

By Liana Threestayanti, Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:45 WIB

Untuk memperluas penyaluran kredit ke segmen UMKM, CIMB Niaga menjalin kerja sama dengan fintech Batumbu.

Untuk memperluas penyaluran kredit ke segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan  perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu).  

Kerja sama dilakukan melalui skema channeling yang memungkinkan para pelaku UMKM  mengajukan pinjaman untuk tagihan dagang (invoice financing) kepada CIMB Niaga melalui platform milik Batumbu. Dengan cara ini, para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan bisnisnya.

“Kami melihat kemitraan yang baik antara perbankan dan fintech dapat menjawab momentum kebangkitan ekonomi Indonesia tahun ini. Melalui pemanfaatan digital platform, perbankan dapat meningkatkan efisiensi, menjangkau nasabah-nasabah baru yang belum tersentuh pembiayaan perbankan, serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Kami optimis, perekonomian kita ke depan akan semakin membaik,” ujar Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo  dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga dan Batumbu secara virtual, di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Sementara itu, CEO Batumbu Jenny Wiriyanto menyatakan, dengan telah terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, diharapkan dapat meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis. 

“Dengan demikian, kami dapat menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan melalui rantai pasok hulu ke hilir secara holistik untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan. Hal ini diyakini akan dapat mempercepat kebangkitan dan pergerakan roda perekonomian UMKM Indonesia menuju Indonesia Bangkit,” kata Jenny.

Jenny menambahkan, bagi para pelaku UMKM yang ingin mengajukan pinjaman dapat memanfaatkan platform digital milik Batumbu secara mudah, aman, sehat, dan cepat, sehingga arus kas dapat terjaga dan bisnis terus berkembang secara berkelanjutan. 

Untuk memudahkan nasabah UMKM, CIMB Niaga juga menghadirkan layanan kantor cabang di gawai melalui aplikasi OCTO Smart, yaitu sales force tools yang khusus dirancang untuk mendukung para tenaga sales CIMB Niaga. OCTO Smart dapat membantu kebutuhan perbankan nasabah/calon nasabah, seperti pengajuan pinjaman (lending) dan membuka rekening tabungan dan giro. 

“Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi CIMB Niaga maupun nasabah, karena kegiatan perbankan nasabah dapat dilayani tanpa harus datang kantor cabang,” tutur Tony.