Find Us On Social Media :

IBM dan Acclivis Bekerja Sama Memperluas IBM Cloud Satellite di Asia

By Cakrawala, Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:45 WIB

Ilustrasi IBM dan Acclivis.

IBM dan Acclivis Technologies and Solutions belum lama ini di Singapura mengumukan kerja sama antara keduanya perihal perluasan penggunaan IBM Cloud Satellite di seluruh Asia. Melalui kerja sama itu, IBM bisa menggunakan pusat data regional Acclivis Hong Kong, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Thailand sehubungan IBM Cloud Satellite; sedangkan Acclivis dapat memanfaatkan IBM Cloud Satellite untuk pusat data pelanggannya. IBM Cloud Satellite sendiri merupakan perpanjangan dari IBM Cloud. Dengan IBM Cloud Satellite, organisasi bisa membuat suatu lokasi IBM Cloud Satellite yang berjalan di cloud, on-premises, maupun edge untuk kemudian menggunakan layanan-layanan IBM Cloud dari sana.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cloud adalah regulasi. Bergantung negara tempat organisasi beroperasi, misalnya ada data tertentu yang harus berada di negara bersangkutan. Kerja sama IBM dan Acclivis tersebut bisa membuat para organisasi di berbagai negara di Asia tetap menggunakan layanan-layanan IBM Cloud sembari memenuhi regulasi yang dimaksud. Selain itu; organisasi yang membutuhkan layanan-layanan IBM Cloud untuk berada dekat dengan data yang terdapat di pusat data on-premises-nya, misalnya untuk latensi; juga bisa mendapatkannya berkat kerja sama itu. Dengan kata lain, kerja sama IBM dan Acclivis bisa membentu organisasi-organisasi di Asia dalam berinovasi, termasuk yang berada pada industri dengan regulasi lebih ketat.

“IBM berkolaborasi dengan lebih dari 65 mitra ekosistem untuk membangun layanan cloud yang aman yang membantu klien menjalankan beban kerja di lingkungan apa pun melalui IBM Cloud Satellite. Sebagai mitra teknologi untuk perusahaan dan lembaga pemerintah, and banyak dari industri yang sangat teregulasi, dan Acclivis memiliki jejak pusat data regional yang luas yang dapat kami manfaatkan untuk mempercepat penyebaran pelanggan. Kami berharap dapat meningkatkan hubungan kerja sama dengan Acclivis untuk merasakan kecepatan, keamanan, dan kinerja yang layak mereka dapatkan," ujar Mr. Raymond Wong (IBM Cloud Platform Leader, ASEAN).

“Kami berkolaborasi dengan IBM sejak lama dan kami adalah perusahaan yang memiliki jangkauan regional yang luas di Asia Tenggara dan Cina. Kolaborasi ini memungkinkan kami memanfaatkan IBM Cloud Satellite untuk memperkuat lini teratas kami di segmen cloud dan data center hosting. Ditambah dengan konektivitas yang didukung oleh anak perusahaan kami, Pacific Internet, pelanggan akan mengalami pengurangan latensi saat mereka membangun dan mengelola cloud mereka bersama kami,” sebut Marcus Cheng (CEO Acclivis).

IBM Cloud Satellite menyediakan pula manajemen terpusat yang memberikan gambaran menyeluruh akan aplikasi-aplikasi organisasi pada berbagai lingkungan. Jadi, bila organisasi menggunakan hybrid cloud, aneka aplikasi yang berada di public cloud dan berbagai aplikasi yang berada di private cloud bisa dikelola seluruhnya secara terpusat. Hal ini tentu memudahkan organisasi dan membantu organisasi untuk makin berfokus pada inovasi.