Siapa menyangka bahwa Warung 'Sayuran Mama Thina' yang berada di Pasar Tradisional Hartaco, Parang Tambung, Kota Makassar dimiliki oleh generasi Z yang kini berusia 24 tahun.
Kathrina, yang akrab disapa Thina sebelumnya pernah bekerja sebagai salah satu karyawan kafe di Makassar. Sebagai anak pertama dari dua bersaudara, Thina membanting setir di 2017 untuk menggantikan orang tuanya yang sudah tidak lagi bisa menjalankan usaha yang sudah dirintis oleh mereka.
“Awalnya sempat malu dan gengsi karena sering bertemu dengan mantan rekan kerja saat berjualan. Ditambah lagi mayoritas penjual di pasar merupakan ibu-ibu. Tapi niat saya berjualan kan untuk membantu orang tua, dan selama pekerjaan yang kita jalani benar dan halal, kenapa harus malu,” ungkap Thina.
Setiap harinya, Thina menjual berbagai jenis sayuran yang dipasok langsung dari petani di Kabupaten Gowa. Tak hanya sayur, Thina juga menjual berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula, kopi dan kebutuhan dapur lainnya. Meski mempromosikan barang dagangannya dengan cara konvensional dari mulut ke mulut, dalam waktu sebulan, Thina mampu mengeruk pendapatan hingga jutaan rupiah.
Namun kondisi pandemi yang terjadi di awal 2020 lalu juga berdampak pada usaha warung Sayuran Mama Thina. Melihat kondisi tersebut, Thina segera mencari solusi dan beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi melalui platform digital seperti Grab.
Manfaat layanan Grab sangat dirasakan oleh Thina. Terlebih dengan adanya kebijakan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang oleh pemerintah, maka berbelanja secara daring menjadi solusi bagi siapa pun yang ingin tetap berbelanja tanpa harus keluar rumah.
”Sayuran Mama Thina tetap bisa memenuhi kebutuhan dapur masyarakat setiap hari melalui layanan GrabMart, tidak hanya bagi saya namun juga untuk pelanggan saya. Hanya lewat telepon genggam, orang sudah bisa belanja sayur-mayur dari warung saya," sebut Thina.
Setelah bergabung menjadi mitra merchant GrabMart di 2020, sayur-mayur Thina kian laris. Setiap harinya ia menerima hingga 40 pesanan dengan omzet yang mencapai 5 kali lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan GrabMart. Dirinya pun berencana akan melakukan ekspansi dengan membuka warung kedua.
Tak hanya meningkatkan pendapatan, dengan bergabung menjadi mitra merchant GrabMart, Thina juga makin memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
“Dalam menjalankan usaha ini, ada dua hal yang selalu ditekankan oleh orang tua kepada saya, yaitu senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan selalu mempertahankan untuk menyediakan produk dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, pelanggan Sayuran Mama Thina selalu memiliki alasan untuk berbelanja kembali ke kita,” tutup Thina.