Find Us On Social Media :

Google Mulai Kembangkan Chip Tensor Generasi ke-2 untuk Pixel 7

By Adam Rizal, Senin, 1 November 2021 | 15:00 WIB

Google Tensor

Google mengembangkan chip Tensor generasi kedua yang akan dipasang pada lini Pixel 7. Berita pengembangan chip Tensor generasi kedua muncul dalam referensi di source code Google Pixel 6. Dari sana, muncul informasi baru dengan nama kode 'Cloudripper'.

Nama kode 'Cloudripper' sendiri tidak akan menjadi nama asli chipset buatan Google terbaru di Pixel 7. Chip Google generasi ke-2 membawa nomor model GS201 sekaligus menjadi penerus dari GS101 yang muncul di Pixel 6.

Sayangnya belum ada informasi lain soal spesifikasi dari penerus Tensor karena Pixel 7 masih dirilis untuk tahun depan. Tensor sendiri adalah prosesor baru buatan Google yang hadir di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro seperti dikutip 9to5Google.

Google Tensor dibuat oleh Google dan Samsung dengan kemampuan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) dan machine learning (ML). Kehadiran dua teknologi itu membuat Tensor punya kemampuan seperti Motion Mode, Face Unblur, Speech enhancement mode, dan HDRnet ke video hingga 4K60.

Google mengklaim System-on-chip (SoC) Tensor memiliki pengenalan suara otomatis paling akurat. Teknologi ini bisa dipakai di banyak aplikasi seperti Recorder dan Live Caption tanpa menguras baterai.

Fitur lainnya yakni Live Translate yang memungkinkan terjemahan otomatis secara langsung di aplikasi seperti Messages hingga WhatsApp. Fitur ini juga berfungsi menerjemahkan ucapan dalam bentuk video.

Tensor menggunakan chip Titan M2 untuk melindungi data sensitif pengguna dan mampu mencegah malware maupun serangan lainnya di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.