Find Us On Social Media :

Apple Luncurkan macOS 12 Monterey untuk Mac, Ini Fitur Terbarunya

By Adam Rizal, Selasa, 2 November 2021 | 09:00 WIB

macOS 12 Monterey

Apple meluncurkan macOS 12 Monterey untuk perangkat Mac, bersamaan dengan peluncuran MacBook versi terbaru M1 Pro dan M1 Max. Para pengguna sudah bisa mengunduhnya melalui Mac App Store.

macOS 12 Monterey menghadirkan fitur Universal Control yang memungkinkan satu mouse, trackpad, dan keyboard digunakan di beberapa perangkat Mac atau iPad. Pengguna juga dapat menonton film atau serial TV dan mendengarkan musik bersama orang lain melalui panggilan FaceTime.

macOS 12 Monterey menghadirkan fitur baru Spatial Audio, Voice Isolation, Wide Spectrum, dan Portrait Mode untuk layanan FaceTime. Fitur audio spasial memungkinkan suara pembicara berasal dari arah berada di layar.

Fitur Voice Isolation dapat menghilangkan kebisingan latar belakang. Fitur Spektrum Lebar untuk memasukkan berbagai macam suara, Mode Potret—juga akan tersedia untuk Webex dan Zoom serta tampilan kisi baru untuk panggilan grup.

Fitur Universal Control terbaru memungkinkan pengguna untuk dengan satu mouse dan keyboard antara Mac dan iPad. Perangkat hanya perlu berdampingan dan OS secara otomatis mengetahui saat pengguna menggerakkan mouse ke tepi layar perangkat mana yang ingin dipindahkan.

macOS 12 Monterey menghadirkan fitur Focus yang memungkinkan menentukan personalisasi notifikasi tergantung kegiatan yang sedang dilakukan. Kini, tampilan peramban Safari juga terlihat lebih baru dan segar, peningkatan proteksi privasi, dan manajemen tab yang lebih baik.

Untuk itu macOS Monterey hanya tersedia di perangkat Apple tertentu saj, yakni iMac 2015 hingga 2021, iMac Pro 2017 atau lebih baru, MacBook Air 2015 (11,13 inch) hingga 2020 (13 inch), dan perangkat lainnya.