Find Us On Social Media :

Review Singkat realme narzo 50A: Smartphone Gaming Entry Level

By Dayu Akbar, Rabu, 3 November 2021 | 16:00 WIB

realme resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbarunya yang terdiri dari narzo 50A dan narzo 50i. Sesuai penamaannya, hanya sedikit perbedaan dari sisi spesifikasi dimana narzo 50A punyua spesifikasi sedikit lebih tinggi dibanding narzo 50i. Namun kali ini kami berkesempatan mencoba salah satu seri tersebut yaitu narzo 50A untuk melakukan review singkat. realme narzo 50A sendiri merupakan pembaruan dari seri sebelumnya yaitu narzo 30A. Masih membidik target yang sama seperti narzo 30A, narzo 50A ini hadir sebagai smartphone gaming yang bidik kelas entry level. Karena masih menggunakan DNA yang sama dengan narzo 30A, kotak penjualan narzo 50A punya desain sama. Dengan dominasi warna biru muda, semua desain sampai tulisan punya font yang sama. Yang membedakan tentu saja pencantuman nama serinya yaitu narzo 50A yang ditampilkan secara vertikal.

Isi kotak tersebut juga sama dengan sebelumnya, selain unit hanya terdapat adaptor 18 watt, kabel data, USB type-C, SIM ejector, kertas panduan, dan kertas garansi. Namun yang menarik, realme menyertakan jelly case yang tidak disertakan pada seri sebelumnya, narzo 30A.narzo 50A tersedia dalam dua pilihan warna yang disebut realme dengan Oxygen Blue (biru) dan Oxygen Green (hijau), dan unit yang kami tampilkan ini adalah warna biru muda. Untuk bodinya, realme narzo 50A punya dimensi agak tebal sekitar 9,8 mm. Begitu pula dengan bobotnya sekitar 207 gram. Ini sedikit banyak berkat penggunaan baterai berukuran besar yaitu 6000 mAh yang berimbas pada dimensi smartphone. Bodi ini membuatnya mantap digenggam, utamanya bagi pengguna bertangan besar.

realme masih menggunakan desain khas ala narzo dengan bodi berbahan polikarbonat di bagian belakang. Bagian ini menampilkan lapisan dengan motif diagonal bergelombang pada satu sisi yang disebut dengan diagonal stripe design atau disebut juga dengan desain garing miring. Sementara bagian lainnya polos namun dengan bintik-bintik kecil. Selain sebagai jati diri dari seri narzo, keunggulan lain dari lapisan ini membuatnya tidak mudah kotor oleh jari atau tangan berminyak. Di bagian belakang ini, realme juga menempatkan frame untuk kamera belakang. Frame ini dibuat sedikit lebih lebar dengan narzo 30A sebagai pembeda. Didalamnya terdapat 3 lensa dan satu lampu kilat yang tersusun. Dalam frame tersebut juga disematkan sensor fingerprint.

Secara spesifikasi, narzo 50A menawarkan keunggulan kamera belakang dengan resolusi tinggi yaitu 50 MP. Sementara dua kamera lainnya masing-masing punya resolusi 2 MP portrait, dan 2 MP macro. Pada bagian depan, kamera selfienya punya rsolusi 8 MP, masih sama dengan narzo 30A.narzo 50A memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan rasio layar 20:9 serta resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel. Bagian atas layar terdapat kamera selfie 8 MP dengan desain mini drop yang khas. Sementara secara keseluruhan rasio screen to body-nya mencapai 81,7%.

realme menempatkan tombol fisik untuk Volume dan Power di sisi kanan, untuk sisi kiri agak ke atas ada slot kartu yang didalamnya terdapat  tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Dan sisi bawahnya secara berurutan ada jack audio, lubang mic, port USB type-C, dan speaker mono.

 Mengusung slogan Mighty Performance Inside, narzo 50A dipersenjatai dengan prosesor octa-core 12nm, Helio G85 dari MediaTek, sama dengan yang digunakan narzo 30A. Untuk kapasitas RAM-nya 4 GB LPDDR4X dan storage 64 GB yang bisa ditambah dengan kartu micro SD hingga kapasitas 256 GB. realme narzo 50A juga hadir dengan varian storage 128 GB.

Kapasitas baterai besar juga jadi ciri khas dan fitur unggulan yaitu sebesar 6000 mAh. Daya tahan batereainya diklaim mampu menjalankan Youtube secara nonstop hingga 27 jam atau Spotify hingga 111 jam. Sementara untuk konektivitas nirkabelnya telah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dan bluetooth 5.0.

Kami sempat coba menjalankan dua game populer yaitu PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile. Dengan pengaturan default, dua game ini lancar dimainkan pada mode Balanced. realme juga menggunakan user interface lebih baru yaitu realme UI 2.0 berbasis Android 11.

realme narzo 50A versi 4+64 GB dibanderol dengan harga Rp2.099.000 namun saat early bird dan flash sale dijual seharga Rp1.989.000. Sedangkan versi 4+128 GB punya harga Rp2.299.000 dimana saat pre-order menjadi Rp2.199.000.