Find Us On Social Media :

Krisis Chip Global, Apple Korbankan Produksi iPad Penuhi iPhone 13

By Adam Rizal, Jumat, 5 November 2021 | 13:30 WIB

iPhone 13

Saat ini industri teknologi, otomotif dan elektronik sedang menghadapi masalah pelik yaitu kelangkaan pasokan semi konduktor atau chip. Krisis itu sangat menggangu proses produksi sehingga ketersediaan produk di pasar sangat langka dan membuat harga produk itu sendiri makin mahal.

Apple pun mengalami masalah krisis Chip global, mengingat permintaan iPhone 13 sangat tinggi di dunia. Apple pun harus memangkas sebagian bahan baku iPad untuk memproduksi iPhone 13. Apalagi jumlah penurunan produk iPad menurun dalam dua bulan akhir bahkan merosot hingga 50 persen.

Strategi pengalihan komponen untuk produk lain bukanlah hal baru. Apple telah mengalihkan sejumlah komponen iPad untuk iPhone 12 pada 2020. Secara keseluruhan, iPhone dan iPad memiliki susunan komponen yang cukup serupa, terutama pada bagian chip dan periferal. Karena itu, Apple mendistribusikan sejumlah komponen iPad sebagai penunjang produksi perangkat iPhone.

Apple juga mengalokasikan sejumlah komponen iPhone model lama untuk mendongkrak produksi iPhone 13. Apple memprediksi permintaan iPhone 13 bakal melonjak dan tren smartphone jauh lebih kuat dari iPad seperti dikutip Nikkei Asia.

Namun, Apple juga harus berhati-hati karena permintaan iPad nyatanya cukup tinggi berkat tren work from home (wfh) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi. IDC mencatat jumlah pengiriman iPad global naik sekitar 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Apple sendiri telah mengapalkan setidaknya 53,2 juta unit perangkat dengan pangsa pasar 32,5 persen. Sebagai perbandingan, jumlah iPad yang dikirim di pasar global tercatat mencapai 40,3 juta unit selama sembilan bulan terakhir.

Kebijakan Apple yang mengalihkan bahan baku iPad untuk iPhone 13 membuat peminat yang telah memesan iPad nampaknya harus menunggu waktu yang lebih lama. Di wilayah AS atau Eropa, iPad versi 256 GB yang telah dipesan baru akan dikirimkan setidaknya pada 15 Desember 2021. Peminat yang telah memesan iPad Mini, Apple baru akan mengapalkan tablet tersebut pada awal Desember 2021 mendatang. Peminat iPad di wilayah China harus menunggu setidaknya hingga enam minggu ke depan apabila ingin membeli sebuah iPad baru.