Find Us On Social Media :

Percepat Transformasi Jadi Bank Digital, BRI Agro Gunakan Google Cloud untuk 4 Hal Ini

By Liana Threestayanti, Senin, 8 November 2021 | 14:30 WIB

Bank Digital

Mempercepat transformasi menjadi bank digital, PT. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro) menggunakan Google Cloud sebagai penyedia cloud utama. 

Langkah ini diambil BRI Agro dalam rangka mempercepat platform dan strategi perbankan digital berlisensi penuh untuk melayani masyarakat di gig economy yang berkembang di Indonesia.

Secara khusus, kerja sama BRI Agro dengan Google Cloud akan meliputi beberapa area strategis yang akan menunjang ekspansi BRI Agro untuk mewujudkan inklusi keuangan untuk seluruh masyarakat. Area-area tersebut adalah:

1.Migrasi aplikasi perbankan inti (core banking) dan perbankan internal ke cloud publik untuk ketahanan dan keandalan. 

Hal ini dimungkinkan melalui Google Cloud Jakarta region yang akan memberikan latensi yang lebih rendah, skala yang lebih baik, dan keamanan tingkat tinggi serta memenuhi persyaratan kepatuhan lokal dan mengoptimalkan biaya infrastruktur.

2.Mendorong personalisasi konsumen dengan membangun strategi cloud data di Google Cloud. 

Google Cloud membantu BRI Agro melakukan migrasi platform big data dan manajemen data ke cloud. Dengan cara ini, bank digital dapat mengelola siklus hidup pelanggan secara end-to-end dan secara daring sejak hari pertama nasabah bergabung, dan memberikan pengalaman pelanggan yang personal kepada mereka yang belum terlayani perbankan.

3.Menerapkan arsitektur layanan mikro dan Open Banking API untuk agilitas bisnis. 

Dalam lanskap fintech yang kompetitif, BRI Agro dapat berinovasi dan meluncurkan penawaran baru dengan cepat dengan memanfaatkan Kubernetes dan Apigee Open Banking API. Dengan teknologi ini, BRI Agro dapatterhubung dan membangun layanan yang sepenuhnya baru untuk konsumen.

4.Tumbuh dengan tetap menjaga keamanan dan kepatuhan. 

Bergerak dengan kecepatan luar biasa bukan berarti mengorbankan keamanan. Google Cloud memberikan BRI Agro keamanan untuk melindungi data perbankan dan membantu bank digital menjaga kepatuhan terhadap peraturan, pencegahan penipuan, dan keamanan secara menyeluruh.

“Kolaborasi antara Google dan BRI sudah dibangun sebagai bagian dari transformasi digital BRIvolution. BRI Agro sebagai anak perusahaan BRI, melanjutkan perjalanannya menjadi bank digital dan melanjutkan kolaborasi sukses tersebut dengan menggunakan Google Cloud Platform untuk memperkuat infrastruktur digital untuk melayani segmen Gig Economy. Semoga kami dapat melayani Gig Economy dengan lebih luas lagi di seluruh Indonesia,” ujar Kaspar Situmorang, CEO BRI Agro.

“Inovasi dalam layanan keuangan dan kemampuan beradaptasi di dunia pasca pandemi diatur oleh disrupsi teknologi. Kami bangga dapat menyediakan platform Cloud yang kuat dan aman yang memungkinkan masyarakat di gig economy di seluruh Indonesia untuk mengakses layanan keuangan lebih cepat dengan BRI Agro, dan untuk mendukung misi BRI dalam meningkatkan inklusi dan ketahanan keuangan,” kata Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud di Indonesia.