Find Us On Social Media :

OCTO Mobile Tawarkan Kemudahan Investasi Sukuk Tabungan ST008

By Liana Threestayanti, Jumat, 5 November 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi investasi Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan Seri ST008 di aplikasi OCTO Mobile.

Menawarkan layanan solusi keuangan mobile one-stop, aplikasi OCTO Mobile dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan kemudahan berinvestasi melalui produk investasi Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan Seri ST008 mulai 1 November hingga 17 November 2021. 

Sukuk Tabungan Seri ST008 adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah bagi investor individu yang berstatus Warga Negara Indonesia. Instrumen ini memberikan imbal hasil menarik sebesar 4,80 persen dengan sistem floating with floor sebanyak 130 bps di atas suku bunga acuan. 

Kupon akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan hingga tenor jatuh tempo yang berakhir pada 10 November 2023. Adapun settlement akan dilakukan pada 24 November 2021 dan kupon pertama akan dibayarkan pada 10 Desember 2021.

“Sebagai mitra distribusi yang dipercaya Pemerintah untuk memasarkan Sukuk Tabungan Seri ST008, kami mengajak nasabah untuk memanfaatkan peluang berinvestasi yang mudah dan terjangkau ini. Dengan cara investasi yang praktis di OCTO Mobile dan mengalokasikan dana mulai dari Rp1 juta hingga Rp1 miliar, nasabah bisa berpartisipasi dalam membangun negeri pada proyek ramah lingkungan dan memitigasi dampak perubahan iklim,” jelas Lani Darmawan, Direktur Consumer Banking, CIMB Niaga.

Sebagai informasi, Sukuk Tabungan Seri ST008 merupakan instrumen investasi tanpa warkat yang tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), serta tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada periode early redemption. 

Early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST008 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas early redemption hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi. Jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption adalah 50 persen dari total kepemilikan.

Bagaimana cara membeli ST008 di OCTO Mobile? 

  1. Pilih menu Daftar dan Investasi. 
  2. Masuk ke menu Beli Obligasi, lalu pilih SBN Ritel. 
  3. Isi form pemesanan SBN Ritel dengan memilih ST008, lengkapi nominal pembelian, baca juga memorandum informasi, dan setujui syarat dan ketentuan. 
  4. Konfirmasi transaksi dengan pilih Bayar Sekarang. Lalu, masukkan PIN OCTO Mobile, dan pemesanan ST008 pun berhasil dilakukan.

Jika tertarik mencoba berinvestasi dan membeli ST008 melalui OCTO Mobile namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka masyarakat bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. 

Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat membeli ST008 dengan pertama-tama melengkapi profil risiko, melakukan pembuatan SID obligasi dan mengikuti langkah-langkah pemesanan ST008 lewat OCTO Mobile.