Find Us On Social Media :

Cari Banyak 'Cuan', Zoom Bakal Tayangkan Iklan ke Pengguna Gratisan

By Adam Rizal, Senin, 8 November 2021 | 09:00 WIB

Zoom

Aplikasi konferensi video Zoom mendadak populer selama pandemi corona karena banyak masyarakat yang menggunakannya untuk belajar dan bekerja dari jarak jauh. Tak heran, pengguna Zoom pun melonjak drastis selama pandemi ini, baik pengguna berbayar dan gratisan.

Zoom melihat sudah saatnya untuk memonetisasi layanannya, mengingat selama ini pengguna Zoom gratisan tidak pernah ditampilkan iklan pada awal atau akhir penggunaan platform video telekonferensi tersebut.

Karena itu, Zoom meluncurkan program tahap awal penerapan iklan (pilot advertising) yangmengharuskan pengguna gratisan melihat iklan setelah sebuah sesi temu virtual lewat platform tersebut berakhir.

Chief Marketing Officer Zoom, Janine Pelosi mengatakan program uji coba memunculkan iklan ini bisa membantu mendukung bisnis Zoom di masa depan, sehingga mereka tetap menghadirkan layanan video telekonferensi yang bisa dinikmati secara gratis alias tak berbayar.

"Iklan bakal muncul sebelum pengguna gratisan bergabung dalam sebuah ruangan virtual Zoom," katanya seperti dilansir dari Blog Zoom.

Sebelum lewat iklan, model bisnis Zoom sendiri adalah melalui layanan berlangganan yang dibanderol dengan harga termurah 15 dolar AS atau sekitar Rp214.000 per bulan.

Dengan membayar sejumlah uang, akun Zoom pengguna bakal di-upgrade dan mereka akan mendapat beragam fitur ekstra yang tak didapat pengguna gratis, salah satunya adalah durasi meeting yang tak dibatasi (unlimited).

"Kami juga telah memperbarui laman privasi kami dan menegaskan bahwa kami tidak akan memanfaatkan konten meeting, webinar, atau isi dari pesan yang dikirimkan pengguna di Zoom untuk kepentingan pemasaran, promosi, atau iklan pihak ketiga," imbuhnya.

Pelosi tidak mengungkap negara mana saja yang masuk ke dalam pengujian program tersebut. Ia juga tak menjelaskan berapa lama program iklan tersebut telah berjalan dan kapan bakal diterapkan ke pengguna Zoom versi gratis secara meluas.