Find Us On Social Media :

CEO ESB: Kompetisi Permainan Bantu Meningkatkan Penjualan Digital

By Dayu Akbar, Rabu, 10 November 2021 | 11:45 WIB

Gunawan Woen - CEO ESB Restaurant Technology (kiri) bersama dengan Roby Cahyadi - Pemenang Kompetisi Tul Pan Tul asal Jakarta Utara (kanan)

Pemanfaatan teknologi yang tepat bisa membantu di berbagai sektor, termasuk indutri F&B. Salah satunya dilakukan oleh ESB Restaurant Technology (PT. ESB). PT Esensi Solusi Buana, atau biasa dikenal sebagai ESB, adalah perusahaan SaaS (software-as-a-service) yang menghadirkan solusi teknologi terintegrasi untuk manajemen restoran. Pada 9 September - 10 Oktober 2021 lalu, ESB mengadakan kompetisi berbasis digital yang diberi nama Game Kompetisi Tul Pan Tul. Menurut Gunawan Woen, selaku CEO dari ESB, Game Kompetisi Tul Pan Tul dihelat untuk meningkatkan penjualan restoran mitra ESB dan membangun hubungan antara restoran dan customer. “Berdasarkan data yang kami rekapitulasi, kompetisi ini berhasil meningkatkan penjualan digital dari restoran yang ikut serta sebesar 137%. Kami sangat antusias menyambut keberhasilan program ini dan akan melanjutkan program-program serupa dalam waktu dekat,” ucap Gunawan. Event Game Kompetisi Tul Pan Tul bersifat terbuka untuk umum, dengan syarat calon peserta terlebih dahulu bertransaksi di atas nominal tertentu di restoran-restoran yang berpartisipasi. Transaksi dilakukan menggunakan teknologi pemesanan online, ESB Order, yang sudah diterapkan oleh ratusan outlet restoran mitra ESB. Customer yang berpartisipasi berkesempatan memenangkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah. Pada kompetisi tersebut diumumkan lima pemenang yaitu user Bii08 memenangkan hadiah berupa motor Honda Beat, user yogaadut memenangkan hadiah iPhone 12 Pro, user Febrilia memenangkan hadiah PlayStation 5, user Pita25 memenangkan hadiah emas Antam 10 gr, dan user Jun memenangkan hadiah sepeda lipat Element X10 Troy Gold. Pemenang lain memperoleh hadiah berupa uang tunai dan voucher belanja. Selain penyerahan langsung di lokasi, penyerahan hadiah secara online juga dilakukan kepada pemenang yang tinggal di luar Jakarta. Di samping itu, outlet restoran dengan trafik penjualan tertinggi juga akan memperoleh hadiah senilai puluhan juta rupiah dari pihak ESB. Menyusul kesuksesan Game Kompetisi Tul Pan Tul, ESB berencana mengadakan Game Kompetisi Tul Pan Tul fase 2. Dengan hadiah yang tidak kalah menarik, ESB optimistis akan dapat menarik lebih banyak lagi partisipan, baik restoran maupun end customer. Hingga saat ini ESB telah memproses lebih dari 40 juta pesanan per tahun untuk lebih dari 500 brand F&B Indonesia. Solusi teknologi ESB mencakup berbagai aspek manajemen restoran, mulai dari ordering, POS, KDS, CDS, hingga ERP, untuk menunjang operasional harian restoran dan meningkatkan efisiensi outlet.