Find Us On Social Media :

Gojek dan PT KCI Kembangkan Solusi Perjalanan Terintegrasi di GoTransit

By Rafki Fachrizal, Kamis, 11 November 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi Fitur GoTransit

Gojek berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan on-demand.

Dalam kolaborasi ini, Gojek dan PT KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang akan memungkinkan pengguna memesan layanan transportasi Gojek (GoRide dan GoCar) ke dan dari stasiun komuter sekaligus tiket kereta komuter langsung dari aplikasi Gojek hanya dalam satu kali bundle pembelian.

Integrasi ini ditargetkan dapat dinikmati oleh pengguna pada awal tahun 2022. Nantinya pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja.

Dengan kolaborasi ini, GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien lagi karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

Kevin Aluwi selaku Co-founder dan CEO Gojek mengatakan “Kolaborasi dengan PT KCI ini merupakan langkah awal kami untuk bisa menghubungkan transportasi publik (middle mile) ke dalam ekosistem Gojek.”

Lebih lanjut, data internal Gojek menyatakan 1 dari 2 pelanggan Gojek aktif menggunakan layanan Gojek dari atau menuju hub transportasi.

Sebelas lokasi stasiun KRL Commuter Line dan Kereta Jarak Jauh juga menjadi titik berangkat dan tujuan yang paling sering dipesan pengguna layanan GoRide di Jabodetabek, bahkan apabila dibandingkan dengan lokasi lain seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun toko.

“Kolaborasi strategis dengan PT KCI ini merupakan solusi untuk semakin memudahkan masyarakat bepergian dan akan terintegrasi secepatnya di fitur GoTransit,” lanjut Kevin.

Menanggapi kolaborasi ini, Roppiq Lutzfi Azhar selaku Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia menyatakan “. Kerja sama strategis ini merupakan upaya bersama untuk memaksimalkan integrasi antarmoda sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas dengan minim kendaraan pribadi. Hal ini sejalan dengan fokus kami untuk meningkatkan minat masyarakat urban menggunakan transportasi publik.”

Sejak 2020, Gojek juga telah bekerja sama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian BUMN RI dan Kementerian Perhubungan RI untuk mengintegrasikan empat stasiun terpadu di DKI Jakarta, dengan menghadirkan layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, Gojek juga telah menghadirkan titik jemput di 27 stasiun yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Fitur ini Mampu Hubungkan Akun Gojek dan Tokopedia, Ini Keuntungannya

Baca Juga: Makin Mudah, Begini Cara Mudah Melakukan Bayar Patungan dengan GoPay