Dalam waktu 11 hari, Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Group berhasil mencatatkan Gross Merchandise Value atau GMV senilai RMB540,3 miliar (US$84,54 miliar).
“Pada festival belanja 11.11 tahun ini, kami mencatatkan pertumbuhan yang konsisten dan berkualitas - yang sekaligus merefleksikan ekonomi konsumsi Tiongkok yang dinamis. Kami juga menggunakan momentum 11.11 sebagai platform untuk menjalankan tanggung jawab sosial sebagai perusahaan. Festival tahun ini merupakan tonggak sejarah yang berperan penting sebagai bagian dari komitmen kami untuk membangun masa depan yang berkelanjutan,” jelas Yang Guang, Vice President Alibaba Group.
Festival belanja 11.11 Alibaba tahun ini mencatatkan angka tertinggi sepanjang sejarah. Ada 290 ribu brand yang berpartisipasi. Sebanyak 65 persen meliputi usaha kecil dan menengah, produsen sektor industri, dan brand-brand baru. Sektor agrikultur dari wilayah pedesaan juga mencatat penjualan yang tinggi, dengan peningkatan GMV sebanyak 20 persen year-over-year (YoY).
Menjelang pelaksanaan Festival Belanja Global 11.11 tahun ini, Alibaba Group telah melakukan migrasi keseluruhan operasi dan sistem-nya ke cloud public. Penggunaan energi terbarukan pada datw center di Zhangbei, yang berperan penting dalam menyokong bisnis e-commerce Alibaba, berhasil mengurangi hingga 26 ribu ton emisi karbon.
Inilah beberapa catatan penting dari Festival Belanja 11.11 Alibaba Tahun 2021.
- Di festival ini, sebanyak 78 brand mengalami peningkatan GMV dari RMB10 juta (Rp22,25 milar) tahun lalu menjadi lebih dari RMB100 juta (Rp2,22 triliun). Sementara itu, 698 brand lainnya mengalami peningkatan GMV dari RMB1 juta (Rp2,22 miliar) menjadi RMB10 juta (Rp22,25 milar).
- Lebih dari 45 persen pembeli berasal dari generasi yang lahir pada tahun 1990-an dan 2000-an. Konsumen yang lahir pada tahun 2000-an meningkat 25 persen YoY.
- Alibaba Group menampilkan 500 ribu produk dari 200 merchant yang memiliki Sertifikasi Produk Hijau resmi pada kategori khusus produk ramah lingkungan di platform Tmall.
- Festival 11.11 diramaikan oleh 1,3 juta produk baru yang diluncurkan oleh 29 ribu brand luar negeri yang berpartisipasi melalui Tmall Global. Dari angka tersebut, lebih dari 2.800 brand merupakan partisipan baru dalam 11.11 untuk pertama kalinya.
- Dalam periode 1-10 November 2021, lebih dari satu juta paket dikirimkan oleh 350 robot pengiriman Alibaba yang bernama Xiaomanlv. Jumlah ini melebihi jumlah pengiriman paket selama satu tahun penuh, dari September 2020 hingga September 2021.