Find Us On Social Media :

DANA Menjadi Dompet Digital yang Bertumbuh Paling Pesat Kuartal Lalu

By Cakrawala, Minggu, 14 November 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi penggunaan DANA.

Berdasarkan survei YouGov, DANA minggu lalu menyampaikan bahwa dirinya menjadi dompet digital dengan pertumbuhan yang paling pesat pada kuartal ketiga yang baru lewat di Indonesia. Pertumbuhan paling pesat secara nasional itu adalah pada area jumlah pengguna. Dengan kata lain, berdasarkan survei YouGov yang melibatkan lebih dari empat ribu responden tanah air, DANA merupakan dompet digital yang persentase pertumbuhan jumlah penggunanya paling tinggi pada kuartal ketiga 2021. DANA menyebutkan pada kuartal ketiga 2021, jumlah pengguna DANA bertumbuh sampai 43%. DANA mengeklaim pertumbuhan tersebut menunjukkan masyarakat Indonesia makin percaya terhadap DANA.

“Selaras dengan misi kami untuk menjadikan keuangan digital semakin inklusif, hasil survei ini menunjukkan semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang dihadirkan DANA sebagai solusi terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi. Bertambahnya pengguna DANA juga merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi,” ucap Monita Moerdani (Chief Marketing Officer DANA).

DANA menambahkan bahwa pertumbuhan pesat pengguna yang dialaminya dipengaruhi oleh wabah COVID-19 yang sempat kembali meningkat pada kuartal lalu; pemerintah kembali memberlakukan pembatasan sosial yang lebih ketat. Seperti sebelumnya, pembatasan sosial yang lebih ketat membuat banyak anggota masyarakat yang mengadopsi teknologi digital untuk beraktivitas, termasuk dompet digital. Secara keseluruhan, pertambahan pengguna dompet digital di Indonesia pada kuartal ketiga 2021 paling banyak berasal dari yang berumur di atas 35 tahun. Sejalan dengan itu, pertumbuhan pengguna DANA juga paling banyak berasal dari yang berumur 25 sampai 34 tahun dan 35 tahun ke atas.

Menariknya lagi, survei YouGov juga menunjukkan DANA sebagai dompet digital yang paling disukai untuk pengiriman uang. DANA menempati posisi ketiga untuk transfer uang setelah mobile banking dan ATM. Sebanyak 29% responden memilih DANA, 42% memilih mobile banking, dan 38% memilih ATM. DANA menegaskan hasil survei YouGov tersebut memperkuat posisinya sebagai dompet digital yang paling disukai untuk pengiriman uang. Selain itu, DANA juga mengatakan penggunaan DANA untuk sejumlah keperluan lain turut meningkat, seperti untuk isi ulang pulsa telepon seluler dan pembayaran e-commerce. Begitu pula dengan persepsi pengguna, khususnya yang memiliki usia 18 sampai 24 tahun, akan kualitas layanan DANA.