Find Us On Social Media :

vivo Kembali Menjadi Vendor Smartphone Terdepan di Indonesia

By Cakrawala, Minggu, 14 November 2021 | 23:55 WIB

Ilustrasi smartphone vivo.

vivo beberapa hari lalu di Jakarta menyampaikan keberhasilannya kembali menjadi vendor smartphone terdepan di tanah air. Sebelumnya pada kuartal keempat tahun 2020, vivo juga sempat menjadi yang terdepan. vivo menyebutkan, berdasarkan laporan terbaru dari Canalys, dirinya menjadi vendor smartphone dengan pangsa pasar tertinggi di Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2021. vivo mengeklaim keberhasilannya itu berkat dukungan konsumen dan mitra vivo di Indonesia, serta portofolio produk yang bervariasi untuk setiap segmentasi dan kebutuhan konsumen tanah air. Pada kuartal kedua tahun 2021 sendiri, vivo berada pada peringkat kelima.

“Pencapaian ini tentu saja berkat dukungan banyak pihak baik mitra yang memberikan kepercayaan penuh bagi vivo, serta konsumen setia vivo. Ini menjadi pencapaian bersama bukan hanya bagi vivo sebagai brand teknologi, namun juga bagi seluruh mitra vivo se-Indonesia atas dedikasi dan komitmen yang diberikan di tengah kondisi yang penuh tantangan pada kuartal tiga tahun ini,” sebut Edy Kusuma (Senior Brand Director vivo Indonesia).

Berdasarkan laporan Canalys, terdapat 9,3 juta unit smartphone yang dikapalkan di Indonesia pada kuartal lalu. Adapun pangsa pasar vivo adalah sebesar 23%. Berada pada peringkat kedua adalah OPPO dengan pangsa pasar 22%. Melengkapi lima besar vendor smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2021, setidaknya menurut Canalys, adalah Samsung, Xiaomi, dan realme. Masing-masing vendor smartphone tersebut memiliki pangsa pasar sebesar 18%, 16%, dan 13%.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, dibandingkan kuartal kedua tahun 2021, posisi pangsa pasar vivo di tanah air meningkat drastis. Pada kuartal kedua itu, vivo memiliki pangsa pasar hanya sebesar 12% dan berada di peringkat kelima. vivo menambahkan, menurut Canalys, jumlah pengapalan smartphone yang dilakukan vivo di Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2021 meningkat sebesar 76,9% dibandingkan kuartal kedua tahun 2021 tersebut. Pada kuartal ketiga 2021 vivo antara lain meluncurkan beberapa smartphone baru, seperti V21, Y53s, dan Y21.

“Di tengah pembatasan yang perlu dilakukan pada kuartal-III, channel tradisional vivo yang tersebar di daerah berperan penting sebagai salah satu basis penjualan utama vivo,” ucap Edy Kusuma. “Implementasi protokol kesehatan yang ketat sekaligus program dukungan seperti layanan antar ke rumah mengakomodasi konsumen untuk tetap berbelanja produk dengan nyaman dan aman di vivo store,” pungkasnya.