Find Us On Social Media :

Instagram Reels Luncurkan Fitur "text-to-speech" dan Efek Suara

By Adam Rizal, Senin, 15 November 2021 | 12:00 WIB

Instagram Reels

Instagram baru saja menghadirkan fitur "text-to-speech" dan efek suara (voice effects) pada Instagram Reels, mengikuti langkah TikTok. Bagaimana cara menggunakan kedua fitur tersebut.

Caranya cukup mudah. Pengguna yang ingin menggunakan fitur "text-to-speech" di Reels harus membuka aplikasi Instagram dan buka kamera Reels.

Kemudian, Anda rekam atau unggah video dan tambahkan teks ke video menggunakan alat teksnya.

Ketuk gelembung teks untuk membuka menu tiga titik, dan pilih “text-to-speech”, lalu pilih opsi suara yang Anda inginkan. Kemudian, Anda tinggal unggah konten anda seperti biasa.

Jika pengguna ingin menggunakan efek suara ke konten Reels dan memodifikasi suara latar atau voice-over, Anda bisa memilih "Audio Mixer" dan pilih "effect" untuk memilih efek yang anda inginkan pada konten yang sudah Anda rekam seperti dikutip The Verge. Instagram meluncurkan Reels pada 2020 untuk menjadi kompetitor dari TikTok yang pada saat itu tengah naik daun.

Meta menyiapkan program bonus bagi para kreator dengan dana segar yang disiapkan hingga 2022 mencapai 1 miliar dolar AS.

Awalnya, fitur "Text-to-Speech" dikembangkan oleh TikTok bersamaan dengan pengembangan pengubah suara atau efek suara.

"Text-to-Speech" dapat membantu pengguna yang memiliki masalah penglihatan dan tunanetra agar bisa mendengar versi lisan dari teks tertulis.

Sementara untuk fitur efek suara dimaksudkan agar konten yang diunggah terasa lebih berwarna dan menyakinkan saat didengar. Baru-baru ini, TikTok meluncurkan efek suara dari tokoh- tokoh Disney seperti Chewbacca, Rocket Raccoon, dan Stitch.