Super App Grab menegaskan kembali kemitraan strategis dengan pemerintah dalam mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi yang merata bagi pelaku UMKM Indonesia. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) hari ini (16/11). Kemitraan strategis ini telah dijalin Grab Indonesia dan Kemenkop UKM sejak September 2020 lalu.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki mengungkapkan bahwa perkembangan digitalisasi para pelaku UMKM dalam satu tahun ke belakang sangat menggembirakan. Bergabungnya UMKM ke platform digital, seperti Grab, telah membantu para pelaku UMKM mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut.
“Kami harap bangkitnya UMKM dari pukulan pandemi COVID-19 selama satu tahun ke belakang dapat terus dilanjutkan dengan program-program digitalisasi yang berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang. Kapasitas digital yang mumpuni ini perlu ditingkatkan ke skala besar sehingga target Pemerintah Indonesia untuk mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024 bisa terwujud,” ujar Teten Masduki.
“Sebuah kehormatan bagi kami karena telah kembali dipercaya sebagai mitra pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program digitalisasi para pelaku UMKM,” ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia.
Menurut Neneng, melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital.
“Kami berharap implementasi dari kolaborasi dengan KemenkopUKM dapat membantu upaya pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia,” imbuh Neneng.
Melalui kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalisasi bagi pelaku UMKM tanah air. Dengan bekal keterampilan digital, para mitra UMKM diharapkan tidak hanya dapat melahirkan inovasi-inovasi produk dan layanan yang dapat menjawab berbagai kebutuhan konsumen, tapi juga memiliki peluang untuk meningkatkan ketahanan bisnis serta mendapatkan peluang pendapatan baru berkat akses ke pasar yang lebih luas.
Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru, termasuk inisiatif peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022 mendatang.
Sejak kemitraan yang dimulai tahun lalu, Grab dan Kemenkop UKM telah menyelenggarakan sejumlah program untuk mencapai pemerataan digitalisasi bagi pelaku UMKM di seluruh penjuru Indonesia. Di antara program itu adalah #TerusUsaha dan inisiatif Kota Masa Depan yang dijalankan bersama Emtek dan Bukalapak. Program ini bertujuan mendorong digitalisasi UMKM yang berfokus pada tiga prioritas, yakni: Vaksinasi, Adopsi Platform Digital [onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak] dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.