Find Us On Social Media :

Leica Bantuk Xiaomi Kembangkan Sensor Kamera 12 Ultra, Kapan Meluncur?

By Adam Rizal, Rabu, 17 November 2021 | 15:00 WIB

Xiaomi 12 Ultra

Xiaomi menggandeng pabrikan kamera Leica untuk memproduksi kamera HP flagshipnya. Sebelumnya, Leica telah mengakhiri kerjasamanya dengan Huawei yang telah menggunakan sensor kameranya untuk HP flagshipnya.

Leica mengonfirmasi sedang menyiapkan kamera untuk HP kelas high-end Xiaomi 12 Ultra.

Rencananya, Xiaomi 12 Ultra baru diluncurkan pada kuartal pertama 2022, lebih lambat dibanding dengan Xiaomi 12 standar yang hadir Desember 2021. Sayangnya belum jelas peran Leica dalam menghadirkan pengaturan kamera di ponsel kelas atas besutan Xiaomi itu.

Jika berkaca pada kerjasama yang pernah ditangani Leica, maka pengaturan yang mungkin disiapkan Leica berupa "color filter" dan juga pemrosesan gambar yang lebih jernih.

Huhungan Berakhir

Kerjasama bisnis Huawei dan Leica sudah terjalin sejak lama dalam pengembangan kamera smartphone.

Sayangnya, hubungan harmonis Huawei dan Leica akan segera berakhir dan flagship P50 bakal menjadi handset terakhir Huawei yang membawa merek Leica.

Informasi itu berasal dari serangkaian tweet yang diposting oleh pembocor rahasia @RODENT950. Ia juga menyebutkan Leica sedang mencari mitra OEM smartphone terbaru untuk menggantikan Huawei.

Xiaomi, Honor dan Sharp menjadi kandidat terkuat untuk digandeng Leica. Tentunya, kerjasama itu bisa bersifat tidak eksklusif sehingga semua vendor smartphone bisa menyematkan Nama Leica. Hal itu terjadi pada Nokia-Zeiss dan Sony-Zeiss.

Huawei pun akan meluncurkan flagship P50 mundur pada Mei dengan sistem operasi HarmonyOS seperti dikutip GSM Arena.

Bicara seri P50, @HoilNDI telah mengunggah ketersediaan Huawei P50 versi standar dan P50 Pro+. Dari yang ditampilkan, kedua model smartphone memiliki tiga kamera di punggungnya.

Sangat menyedihkan melihat kemitraan ini berjalan karena Huawei dan Leica telah menghasilkan beberapa ponsel kamera yang hebat selama bertahun-tahun, tetapi mungkin sanksi perdagangan yang dikenakan pada Huawei berdampak pada hubungan tersebut.