LINE Indonesia hari ini di Jakarta mengumumkan kehadiran LINE Official Account "Mimin LINE" di tanah air. LINE menujukan Mimin LINE untuk yang ingin atau butuh teman berbagi cerita. LINE pun menegaskan bahwa Mimin LINE bukan menggunakan chatbot, melainkan menggunakan operator manusia. Mimin LINE diklaim memberikan pendekatan yang humanis. Pengguna akan mendapatkan jawaban-jawaban dari Mimin di Line yang sesuai dengan pertanyaan yang mereka ajukan dalam bentuk yang witty alias jenaka serta menghibur.
LINE menyebutkan, menurut penelitian dari American Journal of Psychiatry, menjaga hubungan sosial dan interaksi sosial secara teratur, termasuk mengunjungi teman dan anggota keluarga dapat memiliki efek perlindungan yang mengurangi risiko depresi dan juga dapat berdampak positif pada suasana hati. Wabah COVID-19 yang menyebabkan pembatasan sosial membuat kesempatan masyarakat Indoneisa untuk bersosialisasi makin terbatas. Dengan kata lain, Wabah COVID-19 tersebut bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental anggota masyarakat di tanah air. Kehadiran Mimin LINE bisa menjawab permasalahan tersebut.
“LINE Indonesia menyoroti kebutuhan pengguna, terutama Gen Z untuk tetap bersosialisasi dan berbagi cerita di masa pandemic COVID 19 dengan keluarga, teman, atau rekan mereka yang seringkali kebutuhan tersebut tidak terpenuhi karena kesibukan setiap orang yang berbeda-beda,” ucap Fanny Verona (Country Manager, LINE Indonesia). “Oleh karena itu, LINE Indonesia menyediakan platform LINE Official Account, Mimin, yang dapat menjadi teman curahan hati pengguna karena kami menggunakan pendekatan humanis, tidak menggunakan chatbot sehingga pengguna bisa melihatnya sebagai ‘individu yang bisa diajak curhat'," tambahnya.
LINE menambahkan bahwa sudah terdapat lebih dari 2.000 pengguna yang bergabung dan berinteraksi dengan Mimin di LINE. Sejauh ini, secara rata-rata, LINE mengeklaim ada 1.000 chat yang diterima Mimin dan ada 3.000 chat yang disampaikan Mimin dalam satu minggu. LINE juga memastikan Mimin di LINE menjaga privasi dan keamanan pengguna yang ingin curhat sehingga mereka bisa berekspresi sebebas mungkin.
Kedepannya LINE berencana untuk mengembangkan Mimin LINE. LINE misalnya berencana untuk menghadirkan sesi takeover. Pada sesi ini, sejumlah tokoh yang sudah dikenal akan menjadi Mimin untuk menjawab berbagai curhat tersebut. Tidak menutup kemungkinan, LINE Indonesia juga akan membawa berbagai profesional dari ragam bidang, seperti hiburan, kesehatan mental, dan lainnya.