Find Us On Social Media :

Instagram Bakal Tutup Aplikasi Pesan Threads Akhir Tahun ini

By Adam Rizal, Jumat, 19 November 2021 | 14:00 WIB

Instagram Threads

Instagram akan menutup aplikasi pesan Threads pada akhir tahun ini, usia cukup pendek karena baru diluncurkan pada 2019.

Konsep Threads sangat mirip dengan Facebook Messenger yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan pribadi Direct Message (DM).

Instagram akan mengumumkan pemberitahuan itu secara langsung melalui aplikasi Threads mulai 23 November mendatang. Threads pun akan dihapus dari platform Google Play Store dan App Store.

Instagram akan memindahkan semua fitur Threads ke aplikasi utama Instagram. Instagram pun menyarankan pengguna untuk kembali menggunakan aplikasi Instagram supaya dapat mengirimkan pesan kepada kerabat mereka melalui Direct Message.

Meta sendiri telah mengintegrasikan layanan Instagram dan Facebook Messenger sehingga masing-masing pengguna aplikasi bisa saling berkirim pesan langsung (Direct Message/DM).

Instagram mengaku ingin memfokuskan layanan berbagi pesan miliknya dengan tidak membagi perhatiannya dalam dua aplikasi yang berbeda.

"Kami sekarang memfokuskan upaya kami untuk meningkatkan cara Anda terhubung dengan teman dekat di Instagram, dan menghentikan aplikasi Threads," ujar juru bicara Instagram seperti dikutip Tech Crunch.

Instagram berjanji akan meluncurkan aplikasi pesan baru di aplikasi utama Instagram beberapa bulan ke depan.

Sebagai informasi, Threads merupakan sebuah aplikasi yang diperkenalkan pertama kali oleh Instagram pada tahun 2019 lalu. Aplikasi itu ditujukan untuk menggantikan aplikasi pesan instan yang dirancang khusus untuk layanan Instagram, yaitu Direct.

Awalnya, Threads memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video dan status dengan teman yang sudah dipilih sebagai "close friend" (teman dekat) di aplikasi Instagram utama.

Pada 2020, Threads mendapat sejumlah penambahan fitur yang memungkinkan mengirim pesan langsung ke teman dekat dan juga orang lain yang pernah bercakap sebelumnya lewat fitur Direct Message Instagram.