Find Us On Social Media :

DANA Bagikan Pencapaiannya pada Pesta Poin 11.11 yang Baru Lalu

By Cakrawala, Selasa, 23 November 2021 | 10:00 WIB

Pencapaian Pesta Poin 11.11 yang diklaim DANA.

Pada "Harbolnas" 11.11 yang baru lalu, DANA telah menggelar Pesta Poin 11.11, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Beberapa hari lalu di Jakarta, DANA pun menyampaikan pencapaiannya sehubungan Pesta Poin 11.11 tersebut. Secara garis besar, melalui konferensi virtual bertajuk "Tren Transaksi Digital 2021", DANA menyampaikan Pesta Poin 11.11 yang digelarnya terbilang sukses dan mencapai hasil yang meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. Begitu pula ketika dibandingkan hari-hari biasa, meski peningkatannya lebih kecil. Tak hanya itu, penggunaan aneka fasilitas teratas atau paling populer DANA juga meningkat pesat pada tahun 2021 ini dibandingkan tahun lalu. Hal serupa juga dialami oleh Bukalapak yang merupakan salah satu mitra DANA. Dengan kata lain, tren transaksi digital 2021, setidaknya untuk DANA dan Bukalapak, adalah meningkat.

"Momentum 11.11 ini selalu menjadi momen spesial bagi kami untuk mengapresiasi pengguna, mendorong mitra kami agar ikut tumbuh, mengedukasi pengguna agar semakin familiar dengan keuangan digital, dan menjangkau masyarakat yang belum menggunakan dompet digital agar dapat merasakan manfaat yang ditawarkan dengan go digital. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pesta Poin 11.11 tahun ini tak kalah meriah karena untuk pertama kalinya kami menyajikan fitur live streaming berupa lelang interaktif yang bisa ditonton langsung dan diikuti dalam aplikasi DANA. Hasilnya pun terbilang sukses," sebut Vince Iswara (CEO & Co-founder DANA).

"Tidak hanya selama 11.11, pemanfaatan dompet digital dalam transaksi niaga online commerce juga dilaksanakan oleh mitra kami yaitu Bukalapak. Kemitraan DANA dengan Bukalapak selama ini telah ikut mendorong UMKM di berbagai sektor dan mengakselerasi inklusi keuangan digital," tambah Vince Iswara.

Secara spesifik, Pesta Poin 11.11 yang baru lalu berhasil mendapatkan transaksi total yang meningkat sekitar 269% dibandingkan kampanye 11.11 DANA tahun lalu. Begitu pula dengan jumlah rata-rata pengguna yang melakukan transaksi setiap harinya yang bertumbuh 233% dan jumlah rata-rata pengguna yang membuka aplikasi setiap harinya yang meningkat 220%. Sementara, terhadap periode sebelum kampanye, Pesta Poin 11.11 berhasil meningkatkan jumlah rata-rata pengguna baru setiap harinya sebanyak 53%. Khusus hari puncak alias 11 November 2021; Pesta Poin 11.11 sukses mendapatkan transaksi yang meningkat 41%, jumlah pengguna yang melakukan transaksi yang bertumbuh 40%, dan jumlah pengguna yang membuka aplikasi yang meningkat 33%; dibandingkan (rata-rata) sebelum kampanye.

DANA membagikan pula fasilitas DANA yang paling banyak digunakan oleh pengguna pada Pesta Poin 11.11. Lima yang paling banyak digunakan adalah transfer uang, prepaid mobile, Bukalapak, bayar tagihan, dan Google Play. Adapun lima fasilitas DANA yang mengalami pertumbuhan paling tinggi pada Pesta Poin 11.11 dibandingkan sebelum kampanye adalah A+ Rewards, Bukalapak, gim, investasi, dan Google Play. A+ Rewards bertumbuh 3.436%, Bukalapak 50%, gim 42%, investasi 42%, dan Google Play 41%. Pertumbuhan A+ Rewards yang sangat tinggi sendiri berhubung DANA memang bekerja sama dengan A+ Rewards memberikan aneka penawaran menarik, sekaligus menjadi salah satu andalan selama Pesta Poin 11.11 lalu.

DANA pun menambahkan bahwa DANA mencatakan pertumbuhan sebesar 39,9% untuk online commerce pada Oktober 2021 dibandingkan Oktober 2020. Tak hanya online commerce, keempat fasilitas teratas DANA lainnya turut bertumbuh pada periode tersebut. DANA mengeklaim  mengirim uang meningkat 328%, pembayaran menggunakan QRIS 267%, Biller 159%, dan prepaid mobile 141%.

Sehubungan Bukalapak; secara keseluruhan; lima kategori marketplace yang paling banyak menggunakan DANA dalam transaksinya adalah elektronik, voucher elektronik, fesyen anak-anak, fesyen pria, dan fesyen wanita. Sementara; untuk kategori produk virtual; lima yang paling banyak adalah pulsa prabayar, token listrik, multifinance, reksadana, dan donasi. Bukalapak sendiri megeklaim beroleh peningkatan pada tahun 2021 ini dibandingkan sebelumnya untuk sejumlah produknya. Khusus, Harbolnas 11.11, Bukalapak menyebutkan berhasil mendapatkan peningkatan sekitar 40% dalam jumlah transaksi pada kampanye 11.11-nya dibandingkan hari-hari biasa.

“Bukalapak memaknai peningkatan tren transaksi digital ini sebagai imbas positif untuk kembali membangkitkan ekonomi nasional yang sempat menurun di masa pandemi. Lewat produk-produk inovatif kami, Bukalapak telah melayani lebih dari 6,6 juta online seller, 8,7 juta mitra Bukalapak, dan 100 juta pengguna. Tentunya, sinergi DANA dan Bukalapak ikut menandakan pentingnya kolaborasi guna menguatkan industri di berbagai skala termasuk UMKM serta mengakselerasi inklusi keuangan digital,” pungkas Victor Lesmana (President, Commerce & Fintech, Bukalapak).