Find Us On Social Media :

Review Singkat OPPO A95: Kelas Menengah Tapi Fitur Mirip Kelas Atas

By Dayu Akbar, Selasa, 23 November 2021 | 07:00 WIB

OPPO Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone seri A terbarunya yaitu OPPO A95. Sebagai suksesor dari OPPO A92 yang meluncur sekitar dua tahun sebelumnya, OPPO A95 merupakan smartphone yang bidik kelas menengah namun dilengkapi dengan beberapa fitur layaknya smartphone kelas atas.DesainSalah satu hal baru yang cukup menarik di OPPO A95 adalah menggunakan desain yang disebut OPPO Glow. Terdiri dari dua pilihan warna yaitu Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black, tampilan cover belakangnya memberikan kilauan halus yang dibalut dengan lapisan matte ganda. OPPO Glow tidak hanya membuat OPPO A95 terasa sangat halus untuk dipegang, namun juga membuatnya bebas sidik jari dan tahan gores.

OPPO juga menyebutkan telah melakukan pengujian UV Radition Test dengan meletakkan perangkat di bawah sinar ultra violet selama 96 jam. Hal ini dilakukan guna menguji daya tahan warnanya yang tidak mudah pudar.Tidak hanya itu, saat peluncuran disebutkan pula bahwa cover yang digunakannya sudah lolos uji tes tahan bakar. Hal yang ditemui pada smartphone kelas atas. Bahkan pada video yang ditayangkan, terlihat bahwa bagian belakangnya diuji dengan dibakar pada suhu 500 derajat selama 60 menit.OPPO menyebutkan bahwa tujuan dari pengujian ini adalah sebagai upaya untuk melindungi dari baterai ponsel yang panas atau bahkan meledak saat terjadi kesalahan.

Selain kuat dan tahan panas, OPPO A95 juga telah dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 yang artinya tahan debu dan air serta telah diuji daya tahannya dengan menjalani serangkaian tes gosok terhadap berbagai bahan yang dirancang untuk mensimulasikan pemakaian sehari-hari.Untuk operasional, OPPO menempatkan tombol Power di sisi kiri dan Volume di sisi kanan. Sementara slot untuk kartu SIM dan microSD berada di atas tombol Volume. Anda bisa memasang sekaligus hingga 2 akrtu SIM dan satu kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Di sisi bawah, terdapat port audio 3.5mm, mikrofon, port USB type-C, dan lubang speaker.

OPPO A95 punya layar berukuran 6,43 inci dengan panel AMOLED serta resolusi FHD+ atau 2400 x 1080 piksel. Sementara rasio layar-ke-perangkat sebesar 90,8% sehingga bisa dibilang cukup luas dan lega. Digunakan desain punch hole yang menempatkan kamera selfie dengan resolusi 16 MP di sisi kiri atas layar.KameraOPPO A95 punya tiga kamera belakang yang masing-masing terdirin dari 48MP Kamera Utama, 2MP Kamera Makro, dan 2MP Kamera Bokeh. Ketiga kamera serta satu lampu flash tersusun dalam satu frame dengan fisik agak menonjol. OPPO melengkapinya dengan fitur kecerdasan buatan untuk dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi.

Diantaranya AI Scene Enhancement yang dapat mengenali berbagai skenario pemotretan seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan lainnya, kemudian mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahannya. Night Mode akan berguna untuk mengambil foto yang lebih cerah dan jernih dengan detail yang kaya di malam hari atau dalam pencahayaan rendah.

Untuk kamera depan 16MP dilengkapi fitur AI Beautification dan Front Night Mode yang membuat pengguna akan jauh lebih mudah untuk mengambil foto selfie di berbagai kondisi pencahayaan. Bagi pengguna yang ingin mengabadikan video, OPPO A95 juga dilengkapi dengan serangkaian fitur seperti Steady Video, SLO-MO dan SoLoop.SpesifikasiOPPO A95 dipersenjatai dengan system-on-chip (SoC) Snapdragon 662. Meski dari penamaan seri lebih rendah dibanding OPPO A92 yang menggunakan Snapdragon 665, namun Snapdragon 662 lebih baru. SoC ini menawarkan performa tinggi serta pengguna daya yang lebih efisien. Apalagi dikombinasikan dengan System Booster, rangkaian optimasi tingkat sistem yang memastikan perangkat dapat berjalan semakin mulus.

OPPO A95 hadir dengan konfigurasi RAM 8GB+128GB ROM yang juga dilengkapi teknologi RAM Expansion. Teknologi ini memungkinkan untuk mengubah penyimpanan ROM menjadi virtual RAM jika dibutuhkan dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5 GB. Hal ini dibutuhkan agar performa jadi lebih lancar saat melakukan multitasking atau aktivitas berta lainnya.

BateraiDi sektor baterai, OPPO A95 punya kapasitas 5000mAh yang mendukung pengisian daya cepat 33W Flash Charge, OPPO A95 dapat mengisi penuh perangkat dalam waktu 72 menit. Sementara itu, hanya dengan pengisian daya 5 menit, pengguna dapat menikmati 1,8 jam menonton video YouTube dan 5,7 jam panggilan suara. OPPO juga menambahkan serangkaian fitur perlindungan pengisian daya ke OPPO A95 yang membuat pengisian daya perangkat lebih aman dan nyaman. Diantaranya Battery Guard membantu melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya.

Ada pula Charging Heat Control akan memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya. Serta Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby akan memaksimalkan masa pakai baterai di saat yang paling dibutuhkan.FiturBidik kelas menengah, fitur-fitur tambahannya mencakup hadirnya sensor fingerprint di layar, NFC, serta menggunakan ColorOS 11.1 berbasis Android 11.

OPPO A95 menyertakan sejumlah fitur khusus yang dapat membantu kenyamanan pengguna dalam bermain game seluler. Teknologi Hyper Boost mampu memastikan pengalaman bermain game yang lebih stabil dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kontrol suhu yang lebih baik. Selain itu, fitur seperti Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notifications dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman bermain game yang imersif dan bebas gangguan.Harga dan KetersediaanUntuk pemesanan pre-order berlaku hingga 25 November 2021. Secara luring bisa melalui jaringan OPPO Store atau toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia. Sementara secara daring bisa dilakukan melalui aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store pada situs e-dagang Shopee dan Lazada. Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan tambahan berupa A95 Audio Ball senilai 399 ribu rupiah.

Sedangkan untuk penjualan perdana berlaku mulai 26 November dengan harga Rp3.999.000.