Find Us On Social Media :

Begini Cara Belajar Baca Al-Qur’an dan Tafsir Lewat Smartphone

By Adam Rizal, Selasa, 23 November 2021 | 15:40 WIB

Gadget memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menikmati berbagai hiburan, seperti bermain game, mendengar musik, streaming konten favorit di YouTube hingga menonton film.

Selain itu gadget juga bisa kita gunakan untuk berbagai kegiatan yang lebih produktif seperti untuk berbelanja hingga kebutuhan transportasi. Semuanya bisa dilakukan hanya lewat gadget seperti smartphone yang kita bawa sehari-hari.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sat ini, gadget pun semakin terasa manfaatnya oleh banyak orang. Para pekerja bisa menyelesaikan tugas-tugasnya hanya dari rumah, dengan kebijakan WFH alias work from home. Anak sekolah hingga mahasiswa, yang melakukan pembelajaran daring, juga bergantung dengan gadget.

Bahkan kini, gadget pun dianggap bisa menggantikan posisi buku fisik Al-Qur’an, dengan tersedianya aplikasi atau situs yang menyediakan surat dan ayat suci Al-Qur’an.

Beberapa tahun silam, umat muslim mungkin masih banyak yang membawa kitab suci Al-Qur’an berukuran kecil, yang memang cukup ringkas. Namun Al-Qur’an yang seukuran buku saku itu juga bukan untuk semua orang. Tulisan yang kecil dan tidak dilengkapi dengan terjemahan jadi alasannya.

Kini baca Al-Qur’an via gadget dianggap jauh lebih praktis dan hemat. Hanya bermodalkan gadget atau ponsel yang kita bawa setiap saat dan paket data yang semakin murah, umat muslim bisa membaca Al-Qur’an bahkan mempelajari tafsirnya di manapun dan kapanpun.

Di antara beragam aplikasi atau situs yang menyediakan surat-surat Al-Quran, salah satu yang paling mudah diakses adalah https://www.tafsirweb.com. Situsnya sederhana, dengan ukuran font yang jelas sehingga mudah dibaca, bahkan oleh orang tua sekalipun.

Selain itu, karena Tafsirweb bukan berupa aplikasi, sehingga tidak memerlukan ponsel atau gadget terbaru. Situs baca Al-Qur’an Tafsirweb bisa diakses, bahkan di gadget yang sudah cukup lawas.

Di dalam situs Tafsirweb, kita bisa menemukan lengkap 114 surat Al-Qur’an, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Tak hanya itu saja, Tafsirweb juga menyediakan beragam kumpulan tafsir Al-Qur’an dari beragam mufassir.

Kita bisa mempelajari tafsir terbitan Kemenag atau Kementrian Agama Republik Indonesia. Lalu Tafsir al-Muyassar, yang merupakan karya sekumpulan ulama, di bawah pengawasan Syekh Dr. Shalih Alu Syaikh, Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Saudi Arabia.

Cara membaca Al-Qur’an via gadget melalui situs Tafsrweb cukup mudah. Kita hanya perlu membuka browser atau peramban di ponsel, lalu ketikkan situs www.tafsirweb.com. Setelah terbuka kita akan langsung ditampilkan dengan surat-surat Al-Qur’an yang tersusun rapi, dari Al-Fatihah sampai surat An-Nas.