Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia, Epson Bagi-bagi Proyektor

By Rizal, Selasa, 30 November 2021 | 12:00 WIB

Epson Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November, Epson Indonesia bersama dengan 17 Asosiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Indonesia mengadakan Webinar Pendidikan Nasional yang telah dilaksanakan pada hari Jumat (26/11) lalu, dengan mengangkat tema “Bangkit Guruku dan Terus Berinovasi dalam memulihkan Pendidikan Indonesia.”

Tema ini diangkat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan Indonesia yang telah memberikan upaya terbaik dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dalam segala keterbatasan di saat pandemi,

Webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi bagi para guru dan tenaga kependidikan melalui beberapa narasumber praktisi pendidikan yang kompeten di bidangnya. Harapannya di saat dunia pendidikan menghadapi tantangan selama pandemi, para guru dan tenaga kependidikan sebagai penggerak pendidikan dan agen utama pemulihan pendidikan Indonesia dapat senantiasa terus berinovasi dan beradaptasi selama pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar secara blended atau hybrid learning.

Webinar Pendidikan Nasional ini dibuka secara resmi oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia. Dilanjutkan dengan diskusi panel dengan topik “Peranan Guru untuk Selalu Bangkit dan Terus Berinovasi dalam Memulihkan Pendidikan Indonesia”, yang menekankan pada motivasi dan karakter soft skill serta pemanfaatan teknologi sebagai solusi terhadap metode pembelajaran saat ini.

Hadir Yosi Mokalu, Ketua Umum Siberkreasi sebagai moderator di diskusi panel ini, serta hadir pula narasumber yang berpengalaman dan kompeten di dunia pendidikan Indonesia yaitu: Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd – Guru Besar UNJ dan Akademisi. Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA - Pengamat dan Praktisi Pendidikan. Zanipar S.A Siadari, Head of Visual Instrument and Printer Department Epson Indonesia.

Melalui kata sambutan dan pidato pembukanya, Dr. Iwan Syahril, Ph.D - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan,  Budaya, Riset dan Teknologi, menyampaikan apresiasi kepada PT Epson Indonesia bersama 17 Asosiasi dan Komunitas Guru Indonesia yang berkolaborasi melalui kegiatan Webinar Pendidikan Nasional ini sebagai bukti nyata keperdulian PT Epson Indonesia dalam membantu pulihnya Pendidikan Indonesia.

“Saya memberikan appresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru guru Indonesia, yang memiliki resiliensi yang tinggi yang tidak ingin kalah dengan kondisi dan terus bahu membahu membantu satu sama lain, bergerak tulus dari hati, berinovasi, berkreasi, dalam menciptakan pembelajaran yang terbaik bagi anak anak kita di masa pandemic” ujar Dr. Iwan Syahril, Ph.D.

Selain itu, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd – selaku Guru Besar UNJ dan Akademisi, menyatakan bahwa “Pada masa pandemi yang menantang seperti saat ini guru guru harus selalu berinovasi untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi pendukung dan berlandaskan profesionalisme dengan mengedepankan prinsip prinsip dasar dari pendidikan diantaranya Disiplin, Kemartabatan dan Struktur, serta sekaligus mengembangkan 21 Nilai Karakter”

Pernyataan ini diperkuat juga oleh Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA juga menyatakan apresiasinya “Guru guru Indonesia melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehari hari menjadi pembelajar sejati, menciptakan pembelajaran yang beragam dengan kreativitas yang meningkat melalui literasi teknologi. Itulah sebabnya peranan teknologi memegang peranan strategis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif dan dua arah dan lebih berpusat kepada siswa-siswi terutama pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) seperti pada saat ini untuk memulihkan Pendidikan Indonesia”

Epson Indonesia juga secara khusus juga memberikan beberapa solusi teknologi yang dapat mendukung kegiatan belajar-mengajar melalui produk-produk yang dirancang khusus memenuhi kebutuhan guru dan tenaga pendidik untuk semakin interaktif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, serta mewujudkan digitaliasi sekolah melalui produk Epson EB-E500.

“Kami memahami sepenuhnya bahwa pandemi telah menjadi tantangan besar bagi kita semua, khususnya di bidang pendidikan. Epson akan selalu berusaha untuk bisa menjadi mitra teknologi pendidikan melalui inovasi dan teknologi terbaik di produk-produk kami. Kami ingin selalu dapat memberikan solusi fungsional dalam membantu dunia Pendidikan dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan kualitas lebih baik sehingga dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Dunia Pendidikan baik pada saat ini maupun pada masa yang akan datang, terlebih pada saat ini saat ini sekolah telah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Dan, ini telah menjadi komitmen Epson untuk terus memberikan solusi terbaik bagi dunia pendidikan Indonesia.” ucap Muto Yusuke, Managing Director of Epson Indonesia.

Epson Indonesia telah aktif berkontribusi kepada dunia Pendidikan melalui peluncuran produk produk LCD Projector, Printer, Document Scanner yang secara khusus ditujukan bagi penggunaan sekolah dalam rangka mewujudkan digitaliasi sekolah. Selain itu, Epson Indonesia juga aktif melalui kegiatan CSR dengan mendonasikan 400 sekolah dan 700 buah produk LCD Projector dan Printer, serta juga berpartisipasi pada 248 Webinar Pendidikan, serta berbagai pelatihan guru yang dihadiri oleh kurang lebih 53.000 guru dan tenaga pendidik.

Pada Perayaan Hari Guru Nasional 2021 ini, Epson juga menunjukkan komitmen pada dunia pendidikan Indonesia melalui dukungan satu set Proyektor Epson EB-E500 kepada 15 sekolah dan institusi pendidikan yang berasal dari Sumatera hingga Papua yaitu:

SMAN 1 Lhoksukon, Aceh Yayasan Tunas Karya, Riau SDN 14 LUBUK BESAR, Bangka Tengah SMKN 4 Kota Bengkulu Pondok Pesantren Annida, Lampung SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANA, Banten Yayasan Mardi Yuana, Jakarta MTs Harun Al Rasyid, Nagrek Ponpes Salaf Alhasani, Malang SDN 001 Payung-Payung, Berau, Kalimantan Timur TK Sari Asih, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat SDN 1 Sambujang, Ogodeide, Sulawesi Tengah SMAN 24 Bone, Sulawesi Selatan SD Xaverius A1 Ambo, Maluku SD YPK YEFLIO Kab Sorong, Papua

“Kami melihat bahwa dunia pendidikan Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Adopsi terhadap penggunaan teknologi serta konsentrasi siswa yang kurang terpusat karena pembelajaran cenderung satu arah telah membuat kami sebagai perusahaan teknologi berinovasi guna membantu dunia pendidikan Indonesia, khususnya bagi Bapak dan Ibu Guru agar mampu menjalankan pembelajaran jarak jauh yang lebih menyenangkan, interaktif dan dua arah dengan memanfaatkan Proyektor Interaktif dan proyektor ruangan kelas. Hal ini juga yang memotivasi kami memberikan dukungan proyektor kepada beberapa sekolah yang telah direkomendasikan oleh berbagai Komunitas dan Asosiasi Guru yang telah berkolaborasi bersama Epson Indonesia dalam meningkatkan kualitas belajar-mengajar di Indonesia.” ujar Zanipar S A Siadari, Head of Visual Instrument dan Printer Department, Epson Indonesia

Yosi Mokalu – Ketua Umum Siberkreasi, selaku moderator dari webinar juga memberikan kesimpulan di akhir acara dengan merangkum bahwa “Guru harus bangkit dan memotivasi diri, harus kuat dan terus belajar, berkolaborasi serta berinovasi dengan pemanfaatan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, sehingga pada saat yang sama dapat berkontribusi untuk memulihkan Pendidikan serta bersama membangun bangsa Indonesia”.